Tanaman Indonesia yang Berkhasiat Obat

697
Empon-empon (tanaman Indonesia) dan Jamu, Ramuan Tradisional Khas Indonesia
Jamu merupakan obat alami tradisional khas Indonesia yang sampai sekarang masih populer di kalangan masyarakat.

1001indonesia.net – Seperti diketahui, keanekaragaman hayati (biodiversitas) Indonesia termasuk yang paling tinggi di dunia. Indonesia menduduki peringkat 3 dunia setelah Brasil dan Kongo. Potensi alam Indonesia yang luar biasa. Di antara potensi-potensi yang dimiliki alam Indonesia adalah banyaknya jenis tanaman Indonesia yang mengandung khasiat pengobatan.

Yang paling dikenal dari olahan tanaman Indonesia yang berkhasiat obat tersebut adalah jamu. Tanaman-tanaman yang diolah menjadi jamu kita kenal sebagai empon-empon. Sifat alam Indonesia yang menerima baik hawa laut dan darat menjadi lingkungan yang cocok untuk bertumbuh-kembangnya empon-empon ini. Saat ini, jamu juga menjadi ciri dan kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia. (Lihat entri jamu.)

Selain tanaman yang umum digunakan sebagai jamu, masih banyak lagi tanaman Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat, di antaranya yang sekarang menjadi populer adalah kelor, manggis (kulitnya), ceplukan, seledri, blustru, mengkudu, lidah buaya, daun dewa, dan lain-lain.

1. Kelor

Kelor telah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, kaya akan nutrisi, dan berkhasiat obat. Kelor mengandung senyawa alami yang lebih banyak dan lebih beragam dibanding jenis tanaman lainnya. Di dalam kelor terkandung 46 anti oksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mengandung 18 asam amino (8 diantaranya bersifat esensial) yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel baru, 36 senyawa anti inflamasi, serta 90 nutrisi alami seperti vitamin dan mineral. (Lihat Kelor)

2. Manggis

Buah manggis selain rasanya enak ternyata memiliki kegunaan lain. Kulitnya mempunyai khasiat obat dan sangat berguna bagi kesehatan. Kulit manggis dapat digunakan sebagai obat anti kanker, darah tinggi, stroke, tumor, dan diabetes. Manfaat lainnya adalah sebagai suplemen untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Manfaat-manfaat kulit manggis tersebut didapatkan dari kandungan senyawa Xanthone yang terdapat pada kulit manggis. Saat ini sudah ada pabrik yang memproduksi ekstrak kulit manggis sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah. Kulit manggis juga bisa dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi jus.

3. Ciplukan

Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan liar yang sangat cocok tumbuh di dataran rendah. Tingginya di bawah satu meter, dan umur tanamannya paling lama 1 tahun.  Tanaman ciplukan ternyata memiliki khasiat obat. Tanaman ciplukan dapat digunakan sebagai penawar racun, mengobati penyakit diabetes melitus, rematik, hipertensi, sakit paru-paru dan sebagai obat luar. (Lihat Ciplukan)

4. Seledri

Selain sebagai bahan sayuran ternyata seledri juga memiliki khasiat obat. Daun yang biasanya digunakan sebagai bahan sop ini dapat mengobati penyakit rematik, anemia, batuk, mata kering; menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi; meningkatkan imunitas; mengatasi obesitas; mencegah sembelit dan asma; dan juga dapat membantu untuk menenangkan asma.

5. Blustru

Blustru adalah tumbuhan merambat sejenis mentimun. Daun blustru dapat digunakan untuk meluruhkan kencing yang tidak lancar, merangsang muntah, memberantas cacing perut, melancarkan haid, menurunkan panas, menurunkan panas badan, dan mengobati luka gigitan ular. Akarnya dapat menghilangkan bengkak dan mempelancar sirkulasi darah. Batangnya dapat mengobati cacingan dan memperlancar sirkulasi darah. Bunganya dapat menyembuhkan sinusitis, bisul, batuk, dan sakit tenggorokan. Buahnya dapat mengatasi batuk, cacing perut, haid tidak lancar, tumor, sipilis, dan membersihkan darah.

6. Mengkudu

Siapa yang tak kenal tanaman Indonesia yang satu ini. Daunnya, selain bisa diolah sebagai sayuran, juga memiliki khasiat baik untuk obat maupun kecantikan. Daun mengkudu dapat menyembuhkan ambeien dan perut kembung pada anak. Untuk kecantikan, daun mengkudu berfungsi sebagai obat penghilang jerawat dan obat pelangsing tubuh alami. Sementara buahnya memiliki manfaat yang lebih banyak, yaitu meredakan nyeri haid, mencegah kanker, mengatasi kulit bersisik, dan menyehatkan tulang.

7. Lidah Buaya

Tanaman yang dikenal sebagai bahan kecantikan ini ternyata juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati diabetes, wasir, luka, melancarkan pencernakan, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

8. Daun Dewa

Daun dewa (Gynura divaricata) merupakan sejenis tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 sampai 800 mdpl. Daun dewa juga dikenal dengan sebutan Ngokilo, sambung nyawa (masyarakat Jawa), dan san qi cao (China). Sebagai obat, daun dewa dapat digunakan mengobati stroke, rematik, diabetes, sakit jantung, hipertensi, kanker, pembengkakan payudara, dan lain-lain.

Selain kedelapan jenis tanaman Indonesia di atas, tentu masih banyak lagi tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Tidak adanya efek samping dari jenis obat-obatan yang diolah dari tanaman atau yang biasa disebut sebagai obat herbal ini membuat masyarakat sekarang meminatinya. Tentu diperlukan penelitian lebih lanjut mengingat masih banyaknya potensi yang dimiliki tanaman-tanaman Indonesia sebagai obat. Amat disayangkan jika kekayaan tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal bagi kebaikan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 9 =