Mengenal Pulau Sentut di Perbatasan dengan Malaysia

145
Pulau Sentut
Ilustrasi Pulau Sentut (Foto: Ist.)

1001indonesia.net – Pulau Sentut merupakan salah satu pulau terluar yang terletak gugus Kepulauan Mapur di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Berada di Selat Singapura, pulau ini terletak di perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Pulau Sentut merupakan satu dari 22 pulau terluar yang dimiliki Kepri. Pulau ini terdiri dari sebuah bukit yang tertutup ground cover berwarna hijau merata. Di bagian atasnya tumbuh pohon dengan tajuk yang rapat.

Pulau Sentut ditumbuhi pohon ketapang dan beberapa jenis pohon tanaman keras dengan kerapatan 5 individu per 50 meter persegi dan semak belukar yang padat.

Pulau ini berbentuk bukit dengan ketinggian tengah pulau sekitar 5 meter dari permukaan laut. Pantainya berbatu dan bertebing curam. Jenis batunya berwarna hitam dan tajam. Kedalaman perairan sekitar pulau 0-6 meter. Pada jarak yang lebih jauh dari pulau, kedalaman perairan dapat mencapai 8 meter.

Secara administratif, Pulau Sentut terletak di Desa Mapur, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini tidak berpenduduk dan tidak ada mercusuar. Terdapat batu sebagai tanda titik dasar dengan nomor TD.001 A dan titik referensi TR.001 A.

Perairan Pulau Sentut dijadikan tempat menangkap ikan oleh nelayan sekitar. Para nelayan menangkap jenis-jenis ikan karang menggunakan alat tangkap bubu dasar.

Baca juga: Pulau Weh, Keindahan Alam di Ujung Barat Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.