5 Pantai Tercantik di Jawa Timur

Arumka

75
Pantai di Jawa Timur
Ilustrasi Pantai di Jawa Timur (Foto: Salsawisata.com)

1001indonesia.net – Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Di antaranya adalah pantai-pantainya yang memukau.

Berikut lima pantai tercantik di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Papuma

Pantai Papuma terletak di Kabupaten Jember, merupakan salah satu pantai tercantik di Jawa Timur. Nama “Papuma” adalah singkatan dari Pasir Putih Malikan, yang merujuk pada pasir putih yang menyelimuti pantai ini.

Daya tarik utama Pantai Papuma adalah formasi batu karang yang menonjol dari laut, menciptakan pemandangan yang spektakuler, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Selain itu, pantai ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, baik di darat maupun di bawah laut. Pengunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut.

Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Goa Lawa yang terletak di sekitar pantai, sebuah gua alami yang menambah daya tarik wisata di kawasan ini. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir, warung makan, dan penginapan.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berada di Kabupaten Malang dan sering disebut sebagai “Tanah Lot-nya Jawa Timur” karena kemiripannya dengan Tanah Lot di Bali. Pantai ini terkenal dengan tiga pulau kecil yang berada di lepas pantainya, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni.

Di Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. Daya tarik utama Pantai Balekambang adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan dan suasana spiritual yang kental.

Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk berenang. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, terdapat banyak gazebo dan warung makan sepanjang pantai yang menawarkan berbagai makanan laut segar.

3. Pantai Klayar

Terletak di Kabupaten Pacitan, Pantai Klayar adalah permata tersembunyi di pesisir selatan Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih berwarna biru toska.

Salah satu daya tarik utama Pantai Klayar adalah seruling laut, yaitu celah-celah di batuin karang yang mengeluarkan suara seperti seruling saat ombak menghantam. Selain itu, Pantai Klayar memiliki sebuah baru karang besar yang menyerupai Sphinx di Mesir.

Pengunjung juga dapat menyewa ATV, untuk menjelajahi area sekitar pantai. Terdapat banyak spot selfie yang instagrammable di sepanjang pantai, menjadikannya sebagai destinasi wisata  populer di kalangan anak muda.

4. Pantai G-Land (Plengkung)

Pantai G-Land atau Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini merupakan surga bagi para peselancar dari seluruh dunia karena ombaknya yang besar dan konsisten, dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Ombak Pantai G-Land bisa mencapai 6-8 meter, menjadikannya tempat yang ideal untuk surfing. Selain surfing, daya tarik yang lain adalah keindahan alamnya yang alami. Hutan tropis yang mengelilingi pantai ini memberikan nuansa sejuk.

Pengunjung juga dapat melakukan trekking di hutan atau berkemah di area yang telah disediakan. Bagi yang ingin belajar berselancar, terdapat beberapa sekolah selancar di sekitar pantai yang menawarkan kursus dengan instruktur profesional.

Tidak hanya itu, penginapan di sekitar Pantai G-Land atau Plengkung juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti spa dan restoran yang menyajikan masakan lokal maupun internasional.

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Kabupaten Pacitan, menawarkan keunikan sendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya di Jawa Timur. Nama “Banyu Tibo” berasal dari bahasa Jawa yang berarti air jatuh.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki sebuah air terjun kecil yang jatuh langsung ke laut, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah dan jarang ditemukan di tempat lain.

Daya tarik utama Pantai Banyu Tibo adalah kombinasi antara pantai dan air terjun, yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pengunjung dapat bermain air di sekitar air terjun atau berjemur di pasir putihnya yang bersih. Pantai ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga, dengan meja dan kursi stainless portable yang dapat digunakan untuk menyiapkan makanan dan bermain kartu bersama.

Tidak ketinggalan, terdapat fasilitas area parkir yang luas dan kamar mandi dengan ruang ganti yang bersih, sehingga menambah kenyamanan pengunjung saat berlibur di Pantai Banyu Tibo.

***

Kelima pantai tersebut memiliki daya tarik masing-masing yang menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jawa Timur. Dengan keindahan alamnya yang memukai, pantai-pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Rencanakan liburan Anda dengan baik termasuk rute perjalanan, akomodasi, dan logistik lainnya. Beberapa pantai mungkin memerlukan waktu perjalanan yang cukup lama, sehingga perencanaan yang baik akan sangat membantu.

Jangan lupa bawa perlengkapan yang cukup seperti pakaian ganti, sunblock, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan saat berlibur.

Selalu perhatikan keamanan diri Anda dan keluarga. Ikuti petunjuk dan aturan yang ada, terutama saat berenang atau melakukan aktivitas air yang lainnya. Nikmati liburan Anda dengan tenang dengan perencanaan liburan yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.