Pantai Karang Bolong Pacitan, Pantai Unik dengan Karang Berlubang

256
pantai karang bolong pacitan
Pantai Karang Bolong Pacitan (Foto: Ricky Martin/wisatapacitan.biz)

1001indonesia.net – Kabupaten Pacitan di Jawa Timur memiliki destinasi wisata yang beragam, di antaranya adalah pantai-pantainya yang sangat menawan. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong Pacitan yang unik. Sangat sayang untuk dilewatkan bagi para traveler yang sedang berkunjung ke Pacitan.

Barangkali nama Pantai Karang Bolong tidak asing bagi Anda karena memang tidak hanya Pacitan yang memiliki pantai yang bernama sama. Beberapa daerah lain, seperti Banten, Cilacap, hingga Bali, juga memiliki Pantai Karang Bolong.

Dinamakan Karang Bolong karena di pantai-pantai tersebut terdapat lubang pada tebing batu karang. Lubang di Pantai Karang Bolong Pacitan disebabkan oleh hantaman ombak yang ganas dari Laut Selatan. Hantaman ombak itu sedikit demi sedikit mengikis tebing karang hingga berlubang.

pantai karang bolong pacitan
Pemandangan Pantai Karang Bolong Pacitan dari atas. (Foto: reresepan.com)

Pantai Karang Bolong Pacitan terletak di sebelah barat Pantai Klayar. Tidak seperti pantai-pantai lain pada umumnya, Pantai Karang Bolong Pacitan bukanlah pantai berpasir. Pantai ini berupa tebing yang menjorok ke tengah laut bagaikan tanjung, mirip dengan Pantai Uluwatu di Bali.

Baca juga: Pura Uluwatu, Keindahan Pura di Atas Tebing Menjulang Tinggi

Tebing di pantai ini sangat curam sehingga tidak bisa dituruni. Di bawahnya merupakan perairan yang dalam berwarna biru gelap dengan ombaknya yang tergolong ganas. Jadi, tak heran jika di Pantai Karang Bolong ini, kita tidak bisa bermain air.

Meski demikian, Anda tak perlu kecewa. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan laut lepas Samudera Hindia dari atas tebing.

Tebing Pantai Karang Bolong Pacitan memiliki permukaan datar dan luas, ditutupi hijaunya rerumputan. Di atas tebing ini, wisatawan dapat menikmati keindahan panorama pantai dilengkapi semilirnya angin laut. Suasananya yang alami dan menyegarkan membuat siapa saja enggan untuk beranjak pergi.

Selain tebingnya yang unik, di tempat terdapat sebuah air terjun yang jatuh ke laut. Air terjun ini bersifat musiman, hanya bisa disaksikan saat musim hujan. Meski sifatnya musiman, keberadaan air terjun ini menambah keindahan Pantai Karang Bolong.

air terjun di pantai karang bolong pacitan
Air terjun di Pantai Karang Bolong Pacitan. (Foto: islahagus.blogspot.com)

Pantai Karang Bolong Pacitan berada di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan. Jika Anda menuju ke Pantai Klayar, letak pantai Karang Bolong tepat berada di sebelah baratnya. Jalan masuknya tepat di depan pos retribusi Pantai Klayar.

Baca juga: Patung Spinx dan Seruling Samudera di Pantai Klayar Pacitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 5 =