Patung Spinx dan Seruling Samudera di Pantai Klayar Pacitan

279
pantai klayar
Foto: piknikasik.com

1001indonesia.net – Selain terkenal dengan goa-goanya hingga mendapat julukan “Kota Seribu Satu Goa”, Kabupaten Pacitan memiliki pantai-pantai yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Klayar yang terkenal dengan batu karang yang mirip patung Spinx dan fenomena seruling samuderanya.

Dibanding pantai-pantai lainnya di Pacitan, Pantai Klayar termasuk baru dikenal. Akses menuju pantai yang terletak di Kecamatan Donorojo itu masih cukup sulit. Tak heran pantainya masih bersih dan alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Patung Spinx di Pantai Klayar
Batu karang menyerupai patung Spinx di Pantai Klayar. (Foto: parriwissata.blogspot.com)

Pantai berpasir putih ini sangat cantik karena dihiasi karang-karang yang membuatnya mirip seperti Tanah Lot di Bali. Di pantai ini, Anda bisa menjumpai batu karang yang bentuknya menyerupai patung Spinx dan fenomena seruling samudera.

Berbeda dengan patung Spinx di Mesir, patung Spinx di Pantai Klayar merupakan batu karang alami. Ukiran patung tersebut dibentuk oleh ombak laut selama ribuan tahun. Memang bentuknya tidak persis sama, tapi bentukan batu karang ini cukup untuk membuat kita takjub.

Fenomena seruling laut merupakan suara yang dihasilkan oleh air mancur alami di deretan karang-karang di pantai. Karang-karang tersebut berlubang sehingga memungkinkan air laut memasukinya.

Saat ombak datang, muncullah air mancur dari celah-celah kecil itu. Muncratan airnya bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga mengeluarkan suara sehingga dinamai sebagai seruling samudera.

Seruling Samudera di Pantai Klayar
Fenomena seruling samudera di Pantai Klayar. (Foto: dhikamegig.blogspot.com)

Untuk mencapai Pantai Klayar, pengunjung bisa berkendara selama sekitar 1,5 jam dari Kota Pacitan. Jaraknya sekitar 40 kilometer. Dalam perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan beberapa bukit dan tebing yang membuat perjalanan tak membosankan.

Baca juga: Pura Tanah Lot, Berpadunya Kesakralan dan Keindahan Alam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − nineteen =