Danau Sentani, Menjelajah Surga Dunia di Tanah Papua

76
Danau Sentani Papua
Danau Sentani di Papua (Foto: backpackerjakarta.com)

1001indonesia.net – Selain Raja Ampat, Papua juga memiliki pesona alam lain yang tak kalah cantik, yakni Danau Sentani. Satu hal keistimewaan yang menjadi tempat wisata ini begitu menarik adalah keberadaan 22 pulau di kawasan danau ini.

Meskipun banyak dikunjungi wisatawan, pemandangan alam di sekitar danau masih sangat alami. Hal inilah yang semakin meningkatkan minat wisatawan untuk menjelajahi danau di pulau Indonesia paling timur ini.

Selain pemandangan alamnya yang indah, danau ini juga memiliki biota yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalamnya. Beberapa di antaranya bahkan merupakan spesies endemik atau hanya ada di Sentani. Tak heran jika danau ini selalu jadi tempat menyelam favorit para pelancong. 

Danau yang berada di wilayah Jayapura ini juga memiliki bukit yang unik dan indah bernama Bukit Teletubbies. Mereka yang berkunjung ke tempat ini tak akan melewatkan keindahan matahari terbenam (sunset), momen yang banyak ditunggu-tunggu wisatawan.

Bukit Teletubbies (Foto: TripTrus)

Wisatawan yang berkunjung ke danau ini pun bisa menikmati keindahan bukit itu dengan naik ke Tugu MacArthur dan melihat panorama hijau pepohonan dari atas bukit. Jenderal MacArthur merupakan nama seorang legenda Perang Dunia asal Amerika. Konon, jenderal itu pernah tinggal di Danau Sentani.

Tak hanya pesona alamnya, Danau Sentani juga memiliki kekayaan sejarah. Di kawanan ini terdapat beberapa peninggalan sejarah, baik yang berasal dari Perang Dunia maupun dari masa pra-sejarah.

Balai Arkeologi Papua dalam penelitian di perairan Danau Sentani bagian barat, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Jayapura, sempat menemukan tiang rumah prasejarah, beberapa tahun lalu.

22 Pulau

Danau Sentani bertabur 22 pulau besar maupun kecil. Pulau-pulau ini memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Banyak di antaranya sudah dibuka menjadi obyek wisata. Tak heran jika tempat ini mempunyai banyak pulau, karena luasnya saja mencapai 9.360 hektar.

Untuk menikmati keindahan danau beserta pulau-pulaunya, wisatawan dapat berkeliling danau menggunakan perahu wisata yang disewakan. Wisatawan juga bisa berenang, memancing, menyelam, ski air, dan wisata kuliner di kawasan danau.

Dari 22 pulau, Pulau Asei salah satu yang cukup terkenal. Masyarakat setempat meyakini bahwa pulau tersebut merupakan bagian tubuh naga. Pulau ini terkenal akan kerajinan tangannya berupa lukisan kulit kayu.

Di pulau tersebut, pengunjung dapat membeli kerajinan tangan khas Papua. Beberapa di antaranya noken, tas Papua yang telah mendunia, suvenir kulit kayu yang dengan berbagai motif, batik Papua, t-shirt motif Papua, dan lain-lain.

Baca juga: Menikmati Keindahan Danau Kembar di Solok Sumatra Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.