Menikmati Keindahan Danau Kembar di Solok Sumatra Barat

43
Danau Kembar
Pemandangan Danau Kembar dari ketinggian. (Foto: kamerabudaya.com)

1001indonesia.net – Danau Kembar merupakan sebutan untuk dua buah danau yang terletak di Alahan Panjang, Solok, yaitu Danau Diateh atau Danau Diatas dan Danau Dibawah. Disebut Danau Kembar karena kedua danau tersebut memiliki luas yang hampir sama dan berdekatan.

Destinasi wisata alam ini berada di Kecamatan Danau Kembar, sekitar 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, ibu kota Kabupaten Solok. Akses menuju ke tempat ini tidak sulit karena berada di dekat jalan raya.

Danau Diateh berada tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Padang dan Solok dengan Kabupaten Solok Selatan dan Kerinci, Jambi. Sementara Danau Dibawah letaknya tidak jauh dari Jalan Raya Solok-Bukit Sileh. Jalan ini juga merupakan alternatif jalan penghubung ke Alahan Panjang dan Danau Diateh.

Dua danau ini berada di ketinggian sehingga udaranya sejuk. Jarak kedua danau tersebut tak jauh, hanya 300 meter dan dipisahkan oleh bukit. Di sekitar danau tumbuh subur sayur-mayur. Daerah di sekitar danau ini menjadi sentra sayuran serta agrowisata. Di kawasan ini juga terdapat perkebunan teh dan buah markisa.

Dari kawasan danau ini, Anda bisa menyaksikan Gunung Api Talang yang masih aktif. Selain itu, para pengunjung juga akan dimanjakan oleh keindahan alam di sepanjang jalan raya menuju objek wisata ini.

Danau Diateh berada di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti dan Nagari Tanjuang Nan IV, Kecamatan Danau Kembar. Luas permukaan Danau Diateh sekitar 12,3 kilometer persegi dan berada di ketinggian 1.532 mdpl.

Sementara Danau Dibawah sebagian bersar terletak di Nagari kampuang Batu Dalam dan sedikit masuk Nagari Tanjuang Nan IV. Luas permukaan Danau Dibawah sekitar 11,2 kilometer persegi dan berada di ketinggian 1.462 mdpl. Keindahan Danau Dibawah bisa dinikmati dari Panorama Tanjuang Nan IV.

Baca juga: Danau Singkarak, Pesona Danau Terbesar di Sumatra Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.