Danau Segara Anak, Pesona Danau Kawah di Gunung Rinjani

92
Danau Segara Anak
Pesona Danau Segara Anak dari ketinggian. (Foto: superadventure.co.id)

1001indonesia.net – Danau Segara Anak merupakan kaldera atau danau kawah dari Gunung Rinjani yang berada di ketinggian 2.008 meter di atas permukaan laut. Luas Danau ini mencapai 1.100 hektare dan dengan kedalaman 160-230 meter.

Lokasi Danau Segara Anak ini berada tepat di lembah bagian barat Gunung Rinjani yang yang terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Di tengah-tengah danau terdapat sebuah gunung yang diberi nama Gunung Barujari dengan ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut. Menurut Tempo dalam Hikayat 45 Danau Indonesia (2017), Gunung berapi aktif itu muncul hampir bersamaan dengan proses terbentuknya Segara Anak setelah letusan dahsyat Gunung Rinjani Purba (Gunung Samalas) pada 1257.

Letusan dengan kekuatan 7 pada skala VEI (volcanic explosivity index) itu meruntuhkan tubuh Gunung Samalas dan membentuk kaldera raksasa. Letusan itu menyisakan puncak dengan ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut yang sekarang dikenal dengan puncak Rinjani.

Setelah 300-4000 tahun, di kaldera raksasa itu terbentuk Danau Segara Anak. Airnya bersumber dari hujan dan mata air di sana. Sementara magma di perut Rinjani terus bergolak, ditandai dengan munculnya kerucut Gunung Barujari dari dalam Segara Anak. Saat ini, Gunung Barujari telah mencapai ketinggian 2.376 mdpl.

Dinamakan Danau Segara Anak karena warna warna airnya biru seperti air laut. Danau ini berjarak 5 km dari puncak Rinjani. Jika ingin berkunjung ke sini, Anda harus mendaki puncak Gunung Rinjani terlebih dahulu. Meski butuh perjuangan keras, sepanjang perjalanan Anda melihat pemandangan yang menakjubkan.

Danau Segara Anak
Tampak Gunung Barujari yang terbentuk hampir bersamaan dengan proses terbentuknya Danau Segara Anak. (Foto: travelingyuk.com)

Bagian dari Segara Anak mengalir menuruni jurang curam membentuk satu air terjun besar dan beberapa yang lebih kecil. Di sekitar Danau Segara Anak, Anda juga bisa menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkatan berbeda-beda. Di sumber air panas itu, Anda bisa berendam sepuasnya atau sekadar mencelupkan kaki.

Masyarakat setempat percaya, ada empat mata air panas yang memiliki kekuatan penyembuhan. Banyak orang yang mendaki Gunung Rinjani semata-mata untuk tujuan pengobatan.

Anda dapat berenang dan memancing ikan di Danau Segara Anak. Berenang di danau ini sungguh nyaman. Air danau tidak terasa dingin, dan bahkan lebih hangat dari suhu udara di sekitarnya yang berkisar 15-18 derajat Celcius.

Danau Segara Anak
Wisatawan memancing ikan di Danau Segara Anak. (Foto: Joko Dwi Cahyana/Kompas.com)

Pesona alam Segara Anak menjadi daya tarik wisata dan ikon Rinjani. Kawasan ini memang semakin populer sejak 2000-an, terutama di kalangan wisatawan mancanegara. Jumlah kunjungan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2004, majalah National Geographic Traveler dan lembaga perlindungan alam  Conservation International menobatkan kawasan itu sebagai tujuan wisata alam terbaik. Saat ini, kawasan yang menjadi bagian dalam Taman Nasional Gunung Rinjani ini sedang diusulkan sebagai anggota UNESCO Global Geopark.

Tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata religi di Danau Segara Anak. Hal ini karena danau ini dipercaya sebagai tempat yang bertuah dan sakral oleh masyarakat suku Sasak. Pada tanggal-tanggal tertentu, masyarakat melakukan ritual suci Wetu Telu.

Ada juga upacara Pekelem yang biasa dilakukan di bulan Maulud. Pekelem merupakan upacara mencuci pusaka, dilakukan di mata air belerang yang ada di gua-gua sekitar Danau Segara Anak.

Baca juga: Wetu Telu, Tradisi Islam Khas Masyarakat Sasak Lombok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.