Danau Labuan Cermin, Pesona Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

57
Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin terkenal akan kejernihan airnya sehingga dasar danau bahkan terlihat jelas dari atas permukaan. (Foto: ksmtour.com)

1001indonesia.net – Alam Indonesia memiliki pesona yang luar biasa indah. Salah satu destinasi wisata alam yang menyegarkan pikiran di Pulau Kalimantan adalah Danau Labuan Cermin. Dijuluki surga tersembunyi, Danau Labuan Cermin terkenal akan keunikannya. Air danau ini sangat jernih dan memiliki 2 rasa, tawar dan asin.

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasinya bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan alam Labuan Cermin yang sangat memesona.

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga. Biaya sewa kapal akan lebih murah jika wisatawan datang bersama rombongan. Sesampainya di sana dijamin pengunjung akan dibuat terpesona oleh keelokan alam danau ini.

Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih. Bahkan dasar danau yang berupa pasir laut ini pun bisa terlihat dengan jelas.

Dinamakan Labuan Cermin karena danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa. Air di permukaan danau terasa asin, sedangkan air yang berada di dasar terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga cahaya dapat memantul.

Keunikan tersebut juga membuat orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan Danau Dua Rasa. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.

Danau Labuan Cermin
Seorang pengunjung menikmati kejernihan air Danau Labuan Cermin. (Foto: Indonesiakaya.com)

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Pepohonan rimbun yang mengelilingi danau membuat suasana sangat teduh. Tempat ini sangat cocok untuk membuang kepenatan akibat rutinitas pekerjaan.

Labuan Cermin ini dikembangkan sebagai destinasi wisata diawali dengan menetapkan kawasan ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung. Pemerintah daerah setempat kemudian melengkapi sarana penunjang untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan danau sejuk yang memiliki dua rasa ini.

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari berperahu, berenang, snorkeling, hingga menyelam. Untuk pengunjung yang belum lancar berenang, disediakan ban dan pelampung sebagai alat bantu renang.

Di danau ini dapat disaksikan dua macam ikan, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.

Baca juga: Menikmati Keindahan Danau Weekuri di Sumba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.