Menikmati Keindahan Danau Weekuri di Sumba

65
Danau Weekuri
Danau Weekuri yang berada di Sumba ini memiliki keunikan, airnya berwarna biru dan rasanya asin (Foto: Istimewa)

1001indonesia.net – Pesona Sumba memang tak pernah ada habisnya. Jika kamu sedang berkunjung ke sana, jangan lewatkan untuk mengunjungi Danau Weekuri. Keindahan danau ini tak diragukan lagi.

Danau Weekuri terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Danau ini terbentuk dari air laut yang menembus karang dan membentuk laguna. Nama Weekuri sendiri dari bahasa Sumba yang berarti air percikan.

Karena berasal dari laut, air danau ini rasanya asin. Di sini kamu bisa mengambang tanpa pelampung loh. Aktivitas itu mungkin karena tingginya kadar garam yang dikandungnya.

Danau Weekuri
Kadar garam yang tinggi membuat pengunjung dapat mengambang di Danau Weekuri tanpa pelampung. (Foto: gotravelly.com)

Selain keindahan airnya, danau ini juga dikelilingi batuan cantik. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu, ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus. Kalau kamu perhatikan, di tengah-tengah karang juga menjadi tempat kawanan tawon untuk singgah dan berkembang biak.

Yang paling unik dari danau ini adalah airnya yang memiliki gradasi warna. Ada yang berwarna biru, kehijauan, hingga putih. Gradasi warna ini bisa kamu saksikan saat cuaca cerah.

Yang paling baik untuk menyaksikan warna air danau ini adalah pukul empat sore. Pada jam itu, warna air menjadi kebiruan akibat pantulan sinar matahari yang telah bergerak ke barat. Setelahnya kamu bisa menyaksikan keindahan sunset. 

Sayang akses menuju ke tempat ini tidak mudah. Namun, segala perjuangan ke tempat ini akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau. Tak heran, tempat ini banyak diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 13 =