Air Terjun Madakaripura, Wisata Alam di Kabupaten Probolinggo

215
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura (Foto: twisata.com)

1001indonesia.net – Air Terjun Madakaripura masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Dengan tinggi sekitar 200 meter, Air Terjun Madakaripura menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa, dan merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-Gura di Sumatra Utara.

Pemandangan alam di air terjun ini sangat indah. Letaknya berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi lumut hijau.

Konon, di sekitar lokasi ini terdapat gua yang sering dijadikan tempat pertapaan oleh Patih Gajahmada. Di pintu masuk kawasan air terjun terdapat arca patih terkenal dari Kerajaan Majapahit itu.

Patung Gajahmada di pintu masuk Air Terjun Madakaripura
Patung Gajahmada di pintu masuk Air Terjun Madakaripura. (Foto: Surya/Benni Indo/TRIBUNNEWS.COM)

Bagi para wisatawan yang berlibur ke Gunung Bromo, keindahan wisata alam di Jawa Timur ini sayang untuk dilewatkan. Letaknya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, sekitar 45 menit ke arah utara. Anda bisa menuju ke sana setelah selesai menikmati keindahan Gunung Bromo.

Air Terjun Madakaripura berada di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya mudah dijangkau. Jika berangkat dari Kota Surabaya, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam berkendara untuk mencapai lokasi air terjun.

Baca juga: Gunung Bromo, Pesona Alam dan Budaya Menjadi Satu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + seventeen =