15 Rekomendasi Wisata Pantai di Pangandaran

1208
Wisata Pantai di Pangandaran
Wisata Pantai di Pangandaran (Foto: getlost.id)

1001indonesia.net – Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Pangandaran tentu memiliki jajaran pantai yang memikat.

Masyarakat umumnya mengenal Pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Pangandaran. Namun, sebenarnya daerah yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak destinasi wisata pantai lainnya yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Berikut 15 destinasi wisata pantai di Pangandaran yang memukau.

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan merupakan objek wisata alam paling populer di Pangandaran. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pasir hitam yang luas. Air lautnya biru jernih membuat pengunjung dapat melihat batu karang dan aneka biota laut dari permukaan. Tak heran jika AsiaRooms pernah menobatkan Pantai Pangandaran sebagai pantai terbaik se-Jawa Barat.

Pantai yang terletak di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran ini memiliki bentangan pantai yang luas. Di pantai Pangandaran ini terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut. Sebagian daratan tersebut difungsikan cagar alam atau hutan lindung yang dikenal sebagai Cagar Alam Pananjung. Luasnya 530 hektare.

Tanjung itulah yang mengambat atau mengurangi gelombang besar untuk sampai ke pantai serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan aman. Di kawasan tersebut terdapat goa-goa alam dengan bebatuan stalagtit dan batuan granit di dalamnya.

2. Pantai Karang Nini

Di tempat ini kamu tak hanya akan menikmati keindahan pantai, tetapi juga pemandangan hutan. Pasalnya, untuk menjangkau pantai ini, kamu harus melalui dulu jajaran pepohonan jati dan mahoni yang rimbun dan cantik.

Nama pantai yang berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ini terbilang cukup unik. Disebut karang nini karena memang ada karang yang bentuknya menyerupai seorang nenek.

Saat cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat Pulau Nusa Kambangan di sebelah timur. Dari tempat yang sama, pengunjung dapat melihat keindahan Pantai Pangandaran di Teluk Pananjung.

3. Pantai Keusik Luhur

Pesona keindahan pantai di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak ini menarik banyak wisatawan untuk datang. Keindahan laut biru dengan ombak yang cukup tinggi dapat dinikmati pengunjung dari atas bukit.

Wisatawan yang datang bisa menghabiskan liburan di pantai ini dengan bersantai, berfoto-foto, dan lain sebagainya. Perbukitan di sekitar pantai dengan bentuk pantai yang melengkung membuat tempat ini bagus untuk spot foto.

4. Pantai Karapyak

Pantai yang terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang ini menawarkan pemandangan pantai dan laut yang masih alami. Lokasinya yang tidak terlalu ramai seperti pantai-pantai populer lain di Pangandaran membuat Karapyak cocok bagi kamu yang mencari ketenangan.

Di pantai dengan hamparan pasir putih ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan bersantai, sembari makan-makan dan berfoto ria. Pengunjung pun bisa mencari biota-biota laut di sekitar pantai. Beberapa spot juga dapat dijadikan tempat untuk memancing ikan.

5. Pantai Madasari

Jika kamu mencari pantai dengan ombak yang lebih menantang, pergilah ke Pantai Madasari. Pantai ini tidak dilindungi oleh teluk sehingga ombak yang dihasilkan cukup besar. Namun, dengan kondisi seperti itu, kamu juga tidak disarankan untuk berenang maupun surfing jika belum benar-benar mahir.

Selain terkenal akan ombaknya yang cantik untuk berselancar, pantai ini cukup asri dan tenang sehingga cocok bagi kamu yang ingin melepaskan kepenatan dari rutinitas kerja. Bagi yang ingin bermalam, kamu bisa membawa tenda dan berkemah di tepian pantai.

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak. Pesona lainnya dari pantai ini adalah gradasi warna pada lautnya. Air di Pantai Madasari mempunyai tiga gradasi warna: biru yang mendominasi laut lepas, hijau yang menghiasi tepian pantai, dan putih yang menjadi buih deburan ombak.

6. Pantai Batu Hiu

Wisata pantai di Pangandaran yang satu ini sering disebut sebagai “Tanah Lot” versi Jawa Barat. Alasannya tak lain karena keberadaan batu karang yang menjorok ke tengah laut seperti yang ada di Tanah Lot, Bali.

Nama Batu Hiu berasal dari batu karang di tengah laut yang bentuknya menyerupai ikan hiu. Di pantai yang terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam di atas batuan karang.

Selagi berada di Pantai Batu Hiu, kamu juga dapat berkunjung ke konservasi penyu yang lokasinya tidak jauh. Kamu akan menemukan berbagai jenis penyu, seperti penyu hijau, penyu pipih, dan penyu tempayan serta ikut melepas anak penyu yang sudah cukup umur ke laut lepas.

Baca juga: Kepulauan Penyu Nusantara

7. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas Pangandaran sangat terkenal sebagai salah satu spot surfing terbaik bagi para pemula. Adanya teluk kecil yang menahan ombak sehingga tidak terlalu liar saat menuju pantai membuat pantai ini aman bagi pengunjung yang baru belajar surfing.

Di tempat ini kamu tidak akan sulit menemukan komunitas dan pemandu surfing. Adapun lokasi yang biasa dipakai untuk aktivitas seru ini terbagi menjadi dua blok, yakni Pantai Karang dan Pantai Legok Pari. Keduanya hanya terhalang sebuah teluk kecil.

Pantai yang terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang ini bahkan beberapa kali menjadi lokasi diselenggarakannya kompetisi surfing berskala nasional dan internasional.

Baca juga: Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Peselancar

8. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung​ merupakan bagian dari kawasan cagar alam yang memiliki keindahan panorama alam yang begitu memukau. Masuk dalam wilayah konservasi, pengunjung dapat menjumpai kera-kera yang berkeliaran di pantai ini.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di tempat wisata ini, termasuk snorkeling dan berselancar. Laut yang masih terjaga membuat biota di dalamnya dapat diamati wisatawan yang datang ke Pananjung.

9. Pantai Lembah Putri

Sesuai dengan namanya, di lokasi ini terdapat terdapat bukit yang terletak di pinggir pantai. Dari atas bukit, wisatawan dapat melihat panorama alam yang menakjubkan. Di tempat ini pengunjung juga bisa memancing, berkemah, hingga mencoba gantole.

Pantai Lembah Putri berada di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang. Di tempat ini pengunjung juga bisa melihat beragam jenis burung liar yang menghuni pepohonan lebat. Burung cangkurileung, burung dudut, burung perkutut sampai burung puyuh bisa dengan mudah dijumpai dan didengar kicauannya.

Wisatawan dapat menaiki tangga menuju bukit yang biasa disebut miniatur tembok Cina. Tangga tersebut merupakan salah satu spot foto bagi para pengunjung. Tak jauh dari pantai, wisatawan juga bisa mengunjungi Gua Ronggeng.

10. Pantai Karang Tirta

Pantai di Pangandaran yang satu ini termasuk yang menawarkan paket wisata yang beragam. Tak hanya pantai, objek wisata ini juga menyajikan beragam pemandangan alam lain, seperti laguna, muara, dan hutan bakau.

Pantai yang terletak di Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih ini tak seramai beberapa destinasi pantai lainnya di Pangandaran. Jadi, bagi kamu yang mencari suasana yang tenang dan alami, pantai ini sangat cocok bagi kamu.

11. Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pantai Pasir Putih di Pangandaran merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan pantai ini bahkan tidak kalah bagus dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir putih di pantai ini cukup halus, sangat cocok untuk arena bermain anak-anak.

Pantai ini masih satu kawasan dengan Taman Wisata dan Cagar Alam dengan wisata Pantai Pangandaran sebagai gerbang awalnya.

Salah satu aktivitasyang bisa dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah snorkeling. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling dan meminta pemandu untuk mengajarkan cara snorkeling yang benar.

Baca juga: Pantai Blue Lagoon, Keindahan Pantai Tersembunyi di Bali Timur

12. Pantai Cikaracak

Tempat wisata pantai lainnya yang wajib dikunjungi di Pangandaran adalah Pantai Cikaracak. Deburan ombak yang menghantam batu karang di tepi pantai secara bertubi-tubi membuat pemandangan di pantai ini kian eksotis.

Pantai yang terletak di Desa Cimerak, Kecamatan Cimerak ini dikelilingi oleh tebing dengan pepohonan hijau. Pantai ini juga bisa menjadi lokasi untuk wisatawan menikmati pemandangan sunset.

Daya tarik lainnya dari tempat wisata ini adalah tebing karang yang tidak terlalu tinggi yang memiliki air terjun mini. Aliran airnya memang tidak terlalu deras, tetapi keberadaannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang.

13. Pantai Muaragatah

Pantai Muaragatah memiliki pemandangan cantik dari batuan karang dan perbukitan di sekitarnya. Pada saat air laut surut, wisatawan bisa mencari ikan-ikan kecil yang terjebak di bebatuan karang di pantai.

Tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa mencoba pengalaman memasuki goa alam dengan jalur sekitar 60 meter. Sungai yang bermuara ke laut di pantai ini juga bisa dijadikan spot memancing bagi wisatawan.

Terletak di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, pantai ini tidak terlalu ramai pengunjung. Pantai Muaragatah memang tidak seterkenal pantai Madasari yang masih satu Kecamatan di Cimerak. Namun pantai paling ujung Pangandaran ini memiliki keindahan yang tak jauh indah dari pantai lainnya di Pangandaran.

14. Pantai Pangelek

Pantai ini menawarkan keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam. Pantai yang terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang ini memiliki kawasan pantai yang cukup luas sehingga wisatawan dapat bermain di pantai dengan leluasa.

Tempat wisata ini belum terlalu populer sehingga masih cukup sepi pengunjung. Namun, bagi wisatawan yang ingin merasakan liburan dan mencari suasana pantai yang masih alami bisa berkunjung ke Pantai Pangelek ini.

15. Pantai Palatar Agung

Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan bentuk sedikit melengkung. Tak sekadar menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melakukan banyak aktivitas seru lainnya di tempat ini, seperti memancing, menikmati sunset, atau sekadar berfoto-foto.

Pantai ini juga dijadikan lokasi upacara adat sedekah laut pada saat-saat tertentu. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat langsung acara adat tersebut.

Baca juga: Larung Sembonyo, Wujud Syukur Masyarakat Nelayan Prigi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.