Telaga Sarangan Magetan, Wisata Alam di Lereng Gunung Lawu

66
Telaga Sarangan
Pemandangan indah Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu (Foto: piknikasik.com)

1001indonesia.net – Dikelilingi perbukitan hijau, Telaga Sarangan memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk menyegarkan. Pemandangan sunrise dan sunset-nya juga sangat menawan.

Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu, di bagian barat Kabupaten Magetan. Danau yang terletak di Kecamatan Plaosan ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Meski terletak di lereng Gunung Lawu, jalanan menuju ke sana sudah bagus.

Terletak di ketinggian, udara di kawasan ini sejuk menyegarkan. Hijaunya perbukitan di sekeliling telaga semakin memanjakan mata. Berada di tempat ini membuat tubuh dan jiwa rileks, melunturkan segala kepenatan akibat kesibukan kota. 

Luas danau ini sekitar 30 hektare dengan kedalaman air 28 meter. Di tengah sebelah barat terdapat pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan. Suhu rata-rata di tempat ini sekitar 20‒220 celsius.

Telaga pasir alami ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Beragam fasilitas tersedia di kawasan wisata ini, seperti penginapan, rumah makan, area bermain anak, dan toko-toko suvenir.

Di tempat ini, pengunjung dapat menyewa speed boat untuk memutari telaga atau menikmati pemandangan sekitar dengan menunggang kuda. Tentu ini akan menjadi petualangan yang menyenangkan. 

Selain menikmati indahnya pemandangan, Anda juga bisa menikmati beragam kuliner yang ditawarkan. Salah satu yang khas adalah sate kelinci. Selain itu, ada juga nasi pecel khas Telaga Sarangan, nasi rawon, dan jagung bakar.

Baca juga: Grojogan Sewu Tawangmangu, Ikon Wisata Kabupaten Karanganyar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.