Grojogan Sewu Tawangmangu, Ikon Wisata Kabupaten Karanganyar

311
Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjung Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Gyen/Trover.com)

1001indonesia.net – Grojogan Sewu merupakan salah satu ikon wisata Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun setinggi 80 meter itu memiliki pemandangan alam yang indah sehingga banyak dikunjungi wisatawan, terutama pada musim liburan sekolah.

Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus menuruni anak tangga yang jumlahnya mencapai 1.250. Perjuangan akan terasa berat saat pulang karena pengunjung harus menaiki anak tangga yang jumlahnya relatif sama. Sebab itu, untuk berkunjung ke tempat ini butuh kondisi tubuh yang prima.

Di lokasi ini, Anda dapat menikmati jajaran pohon-pohon besar khas pegunungan, dilengkapi kera-kera yang masih liar. Maklum, tempat wisata ini merupakan bagian dari kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu seluas 20 ha.

Curahan air di Grojogan Sewu termasuk deras. Sebab itu, para pengunjung tidak disarankan untuk terlalu dekat dengan air terjun karena sangat berbahaya.

Meski bernama Grojogan Sewu, tidak berarti air terjun di sini berjumlah seribu. Istilah sewu, yang dalam bahasa Jawa berarti seribu, di sini merujuk pada seribu pecak yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan panjang telapak kaki orang dewasa.

Air terjun terpopuler di Jawa Tengah ini letaknya sekitar 27 kilometer di sebelah timur Kota Karanganyar, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Di tempat ini, pengunjung bisa menyewa kuda untuk berkeliling.

Baca juga: Candi Cetho, Situs Hindu di Lereng Barat Gunung Lawu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =