Taman Panorama, Menikmati Keindahan Alam Bukittinggi

51
Taman Panorama Bukittinggi
Taman Panorama Bukittinggi (Foto: wisataseekers.com)

1001indonesia.net – Objek wisata Taman Panorama merupakan taman hijau kota yang terletak di pusat kota Bukittinggi, berjarak kira-kira 0,5 kilometer dari Jam Gadang. Dari lokasi Jam Gadang, Anda bisa jalan kaki atau naik bendi ke taman ini.

Letak Taman Panorama ini persis berada di bibir Ngarai Sianok. Sebab itu, dari taman ini, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan alam dan Janjang Koto Gadang yang berada di Ngarai Sianok.

Di sisi kanan pintu masuk Taman Panorama terdapat pusat penjualan cendera mata dan beragam lukisan. Umumnya lukisan yang dijajakan menggambarkan keindahan alam Sumatra Barat.

Pada bagian ujung kanan terdapat semacam teras besar dan menara pandang. Dari tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Ngarai Sianok yang berlatarkan Gunung Singgalang.

Lubang Jepang

Pintu masuk Lubang Jepang. (Foto: https://travel.dream.co.id)

Di dalam Taman Panorama Bukittinggi terdapat objek wisata sejarah bernama Lubang Jepang. Lubang ini dibangun oleh penjajah Jepang sebagai bunker untuk pertahanan tentara Jepang. Pembangunannya dilaksanakan oleh para romusha, yaitu orang-orang yang dipekerjakan secara paksa oleh Jepang.

Pembangunan terowongan ini atas perintah Jenderal Watanabe pada 1943 karena melihat topografi Kota Bukittinggi yang berbukit-bukit dan berlembah. Apalagi struktur tanah berupa tanah cadas sehingga sangat bagus untuk dijadikan bunker pertahanan.

Pintu masuk Lubang Jepang ada di dalam objek wisata Taman Panorama. Pintu lainnya, ada di jalan yang menuju Ngarai Sianok dan Koto Gadang. Persis di atas tikungan tajam, dekat pintu masuk Janjang Koto Gadang atau yang dikenal juga dengan Great Wall of Koto Gadang, Bukittinggi.

Beberapa pintu yang berada di pinggir jalan ini tertutup jeruji besi. Jadi, pintu tersebut hanya berfungsi sebagai ventilasi udara. Selain itu, ada juga pintu yang langsung ke jurang Ngarai Sianok. Konon katanya, pekerja yang meninggal saat membangun Lubang Jepang langsung dibuang ke dalam jurang.

Ngarai Sianok

Keindahan Ngarai Sianok dari Taman Panorama Bukittinggi. (Foto: Indonesiakaya.com)

Objek wisata Ngarai Sianok yang membentang dari utara ke selatan bisa dinikmati dari puncak Taman Panorama. Dengan demikian, bisa dibilang objek wisata Ngarai Sianok satu paket dengan Taman Panorama.

Lebar Ngarai Sianok kira-kira 300 meter, panjang kurang lebih 1,5 kilometer, dan kedalaman sekitar 100 meter.

Membentuk sudut 90 derajat dengan dasar, dinding Ngarai Sianok sangat terjal. Di dasar ngarai terdapat sungai kecil yang airnya jernih, disebut Batang Sianok. Di tempat ini, Anda bisa bermain sampai dasar ngarai dan menikmati suasana alamnya.

Baca juga: Jam Gadang, Ikon Wisata Sumatra Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.