Taman Nasional Baluran Situbondo, Little Africa di Indonesia

96
Taman Nasional Baluran Situbondo
Pemandangan padang sabana di Taman Nasional Baluran Situbondo. (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

1001indonesia.net – Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati pemandangan sabana. Kita bisa menemukannya di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Tempat wisata di Kabupaten Situbondo ini sangat eksotis, bisa menjadi lokasi petualangan yang tak terlupakan.

Taman yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini dijuluki Little Africa. Di sini, pengunjung bisa menemukan padang sabana yang luas lengkap dengan kawanan hewan liar yang hidup lepas, mengingatkan kita pada kehidupan alam liar di benua Afrika. Padang rumput luas itu dinamakan Sabana Bekol.

Taman Nasional Baluran
Burung Merak melintas di padang Sabana Bekol di Taman Nasional Baluran. (Foto: ANTARA FOTO/ M Agung Rajasa)

Banyak orang datang ke tempat ini karena keindahan alamnya. Belum lagi latar belakang Gunung Baluran yang membuat pemandangan di Sabana Bekol terlihat semakin indah. Taman nasional ini sangat sesuai sebagai tempat berfoto, antara lain untuk acara pre-wedding. Pemandangan alamnya yang unik membuat kita tampak seperti di luar negeri.

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa menikmati surga bawah laut dengan kegiatan snorkeling di Pantai Bama. Pantai berpasir putih itu memiliki air yang bersih dan jernih.

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran (Foto: Bisnis.com)

Taman Nasional Baluran terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Meski secara administratif berada di Situbondo, tapi tempatnya lebih dekat dengan Banyuwangi.

Taman Nasional ini juga kaya akan keragaman hayati, memiliki koleksi sekitar 444 jenis tumbuhan khas, 26 jenis mamalia, dan 155 jenis burung. Kawasan seluas 25 ribu hektare ini juga memiliki lokasi wisata bahari serta tempat pengamatan burung migran.

Di Sabana Bekol disediakan gardu pandang yang bisa digunakan para pengunjung untuk mengamati binatang-binatang liar. Sebab itu, Taman Nasional Baluran bisa menjadi sarana edukasi alam untuk keluarga.

Taman Nasional Baluran
Sekawanan rusa berjemur di padang sabana Bekol di Taman Nasional Baluran. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Baca juga : Taman Nasional dan Cagar Alam Utama di Indonesia

LEAVE A REPLY

five × three =