Pantai Papuma, Keindahan Pantai Pasir Putih di Jember

30
Tanjung Papuma Jember
Tanjung Papuma atau Pantai Pasir Putih Malikan di Jember. (Foto: Indonesia-tourism.info)

1001indonesia.net -Salah satu pantai di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan yang mengagumkan adalah Pantai Papuma atau Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember.

Nama Papuma merupakan akronim dari Pasir Putih Malikan. Akronim ini kemudian terlanjur melekat sehingga masyarakat umum dengan mudah menyebutnya sebagai Pantai Papuma.

Pantai ini juga disebut Tanjung Papuma karena posisinya terletak di semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut. Pantai berada di sisi barat dan timur semenanjung. Kedua pantai itu dipisahkan oleh bukit kecil.

Perpaduan pasir putih dan jejeran batu karang menjadi ciri khas pantai ini, terlebih dengan tujuh karang besar yang menjulang di pantainya. Ukuran ketujuh karang tersebut cukup besar. Masyarakat setempat bahkan menyebutnya sebagai pulau kecil.

Oleh penduduk lokal, masing-masing karang itu pun diberi nama. Ada yang bernama Pulau Krisna, Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau kodok. Karena alasan mistis, satu batu karang dibiarkan tidak bernama.

Foto: @explorewisata.com

Keindahan pantai ini dilengkapi oleh perbukitan dan pepohonan yang mengelilinginya. Pantai ini juga cocok digunakan sebagai tempat berkemah.

Pasir pantai ini tergolong unik jika dibandingkan dengan pantai-pantai terdekat, seperti Pantai Payangan dan Pantai Watu Ulo. Tanjung Pamuma memiliki warna pasir yang berbeda dengan Pantai Watu Ulo, meski hanya dibatasi dengan bukit kecil. Karena memiliki pasir berwarna putih, air laut di pantai ini pun terlihat begitu jernih.

Ketika cuaca cerah, air laut yang memantulkan warna biru langit terlihat begitu indah. Jika menghadap ke arah tenggara maka Anda akan melihat gugusan batu karang yang membuat panorama semakin eksotis. Beberapa bukit kecil di Pantai Payangan, seperti Seruni dan Samboja, juga terlihat dari pantai ini.

Baca juga: Pantai Karang Bolong Pacitan, Pantai Unik dengan Karang Berlubang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.