Pantai Balekambang, Keindahan Pantai di Pesisir Selatan Pulau Jawa

31
Pantai Balekambang
Pura di atas karang Pantai Balekambang. (Foto: Pantaipedia.com)

1001indonesia.net – Pantai Balekambang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir kecokelatan dengan ombak yang cukup tinggi. Dari sekian banyak pantai yang ada di Malang, pantai ini termasuk yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini sering dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Malang. Alasannya, di tempat ini juga ada sebuah pura yang berada di atas pulau karang bernama Pulau Ismoyo.

Terdapat jembatan sepanjang 70 meter yang menghubungkan bibir pantai dengan Pulau Ismoyo. Pura Luhur Amertha Jati yang berada di Pulau Ismoyo itu masih aktif digunakan untuk bersembahyang umat Hindu.

Baca juga: Pura Tanah Lot, Berpadunya Kesakralan dan Keindahan Alam

Sejarah Pantai Balekambang sebagai tempat wisata bermula sekitar tahun 1978. Saat itu, seorang perangkat Desa Srigonco membuka akses jalan sehingga orang dari luar desa lebih mudah mencapai Balekambang. Lima tahun kemudian, Pantai Balekambang diresmikan oleh Eddy Slamet, bupati Malang saat itu.

Sejak saat itu, nama pantai di pesisir selatan pulau Jawa bagian timur tersebut makin berkibar. Keindahan yang ditawarkannya menarik wisatawan. Destinasi wisata alam itu terus berkembang hingga kini menjadi salah destinasi satu wisata alam andalan Kabupaten Malang.

Baca juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Terkenal akan Keindahannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.