Museum Zoologi Bogor, Kekayaan Fauna Indonesia

54
Beragam koleksi yang dimiliki Museum Zoologi Bogor memberi informasi keragaman fauna yang dimiliki Indonesia. (Foto: barraba.com)

1001indonesia.net – Museum Zoologi terletak di kawasan Kebun Raya Bogor, tepatnya di Jl. Ir H. Juanda No. 9. Koleksi museum ini dapat menjadi sumber pengetahuan tentang keragaman fauna khas Indonesia, dari yang sudah punah hingga yang masih ada sampai sekarang.

Keberadaan Museum Zoologi bermula dari aktivitas penelitian seorang ahli zoologi pertanian berkebangsaan Belanda bernama Dr. J. C. Konigsberger. Pada 1894, Berger melakukan penelitian hama dan penyakit tanaman pertanian yang disebabkan oleh binatang.

Berger melakukan penelitiannya secara saksama di dalam garasi bekas tempat penyimpanan kereta kuda yang disulapnya menjadi ruang laboratorium.

Dalam penelitiannya, Berger berhasil membuat spesimen zoologi golongan serangga. Koleksi serangganya itu diawetkan dan disusun rapi dalam berbagai gelas silinder dan diberi kode tertentu.

Ada juga serangga yang dikeringkan dengan cara ditempelkan di kertas filter. Untuk memudahkan pencarian, Berger membuat katalog setiap nama serangga yang dirunut sesuai abjad.

Keberhasilan Berger dalam membuat spesimen zoologi golongan serangga memunculkan decak kagum para pakar pertanian. Pemerintah Hindia Belanda juga mengapreasiasi penelitian yang dilakukan Berger.

Berger terus melanjutkan penelitian. Ia kemudian berkeinginan untuk mendirikan museum yang menampung berbagai hewan penelitiannya. Tujuannya agar masyarakat paham jenis-jenis binatang di Indonesia dan sebarannya. Pada 1901, gedung museum selesai dibangun. Gedung tersebut tersebut diberi nama Landbouw Zoologisch Museum.

Kini, Museum Zoologi Bogor menjadi salah satu museum terlengkap di Asia. Ada lebih dari 1.000 spesimen yang dipajang di ruang pameran museum. Sementara koleksi ilmiah Museum Zoologi mencapai tiga juta spesimen.

Pengelolaan Museum Zoologi Bogor berada di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Museum ini bertujuan untuk melestarikan fauna Nusantara dalam bentuk awetan dan replika, memberikan pelayanan pengetahuan untuk umum, serta menjadi sarana bagi para peneliti.

Museum ini menjadi tempat yang cocok bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh tentang beragam jenis fauna yang ada di Indonesia. Berbagai koleksi ditata rapi , dibagi ke dalam berbagai golongan, dan disusun berdasarkan subjeknya.

Ada golongan mamalia, ikan, burung, serangga, moluska, reptil, dan amfibi. Setiap golongan diwakili berbagai binatang awetan lengkap dengan informasi profilnya, meliputi nama spesies, tempat hidup, ukuran, sampai kolektor penyumbangnya.

Banyaknya ragam fauna tak lepas dari usaha pihak museum. Sejak awal, Museum Zoologi memang berupaya membina koleksi fauna selengkap mungkin lewat berbagai cara, seperti lewat ekspedisi ilmiah dan bekerja sama dengan instansi dari luar negeri saat mereka melakukan eksplorasi di Indonesia.

Cara lain yang juga dilakukan adalah membeli dari para kolektor perorangan dan menerima sumbangan dari masyarakat.

Tak hanya warga lokal, kekayaan koleksi fauna Indonesia yang dimiliki Museum Zoologi Bogor ini bahkan telah menarik minat banyak warga asing untuk bertandang. Mulai dari peneliti, tokoh internasional dari berbagai cabang zoologi, hingga wartawan pernah mengunjungi museum yang berada di kota hujan ini.

Baca juga: Arboretum dan Herbarium Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.