Kunyit, Khasiat Rempah Asli Asia Tenggara

698
Kunyit
Kunyit (Foto: deviantart.com)

1001indonesia.net – Kunyit sering digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan Nusantara. Penggunaannya pada makanan juga memberi cita rasa yang khas. Di dunia Barat, rimpang ini lebih dikenal sebagai bumbu masakan India, kare. Di Indonesia, rempah ini menjadi salah satu bahan baku jamu dan beragam obat tradisional karena dipercaya memiliki khasiat yang menyehatkan.

Tanaman kunyit merupakan tanaman asli Asia Tenggara, dan menyebar hingga ke benua Australia dan Afrika. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian 2.000 m dpl, di tanah liat maupun berpasir. Kunyit dapat dibudidayakan secara monokultur ataupun secara tumpang sari.

Tanaman semak ini merupakan jenis temu-temuan, termasuk dalam famili jahe-jahean (Zingiberaceae). Tingginya dapat mencapai 100 cm. Batangnya semu, tegak, bulat, dan membentuk rimpang yang berwarna kekuningan.

Kunyit mengandung minyak asiri (felandren, turmeron, zingiberen), kurkumin, damar, gom, lemak, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Tanaman ini memiliki manfaat yang beragam. Selain sebagai bumbu masakan, rempah ini digunakan sebagai pengawet, pewarna, kosmetik, dan bahan baku cat.

Pada jamu dan obat tradisional, kunyit digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta sebagai pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai macam penyakit. Perannya dalam kesehatan masyarakat sangat besar sebagai obat tradisional yang efektif, aman, dan murah.

Tanaman ini bahkan dimasukkan WHO ke dalam daftar prioritas sebagai tanaman obat yang paling banyak dipakai di beberapa negara, baik dalam pengobatan tradisional maupun dalam resep resmi.

Sebagai obat, kunyit dapat digunakan untuk mengobati radang rahim, radang amandel, gabag (campak), keputihan, dan gingivitis (radang gusi). Juga sebagai pembersih darah, antikejang, dan untuk menghentikan pendarahan. Sebagai obat luar, rempah berwarna kuning ini berkhasiat sebagai obat panu, borok, kudis, bengkak, otot terkilir, dan luka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit bisa mencegah orang usia lanjut terkena dimensia, termasuk alzheimer. Orang tua yang mengonsumsi pil kunyit secara rutin akan memiliki memori yang lebih baik. Kandungan kurkumin yang dimilikinya dipercaya dapat menangkal protein amiloid beta, yaitu protein yang memicu pembentukan plak di otak dan menyebabkan alzheimer.

Di kafe-kafe dunia Barat, kunyit bersama susu merupakan bahan utama minuman haldi doodh. Aslinya, minuman ini merupakan minuman tradisional India. Haldi doodh dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Saat ini, minuman ini banyak digemari masyarakat Barat.

*) Diolah dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =