Kepulauan Togean Sulawesi Tengah, Keindahan Alam Bawah laut

1709
Kepulauan Togean Sulawesi Tengah, Keindahan Alam Bawah laut
Kepulauan Togean (Foto: elevation.maplogs.com)

1001indonesia.net – Taman Nasional Kepulauan Togean di Teluk Tomini, termasuk dalam Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Kawasan ini dikenal memiliki keindahan terumbu karang dan berbagai biota laut langka yang sebagian besar termasuk dalam kategori dilindungi. Kemungkinan besar, wisatawan dapat melihat lumba-lumba dan ikan paus yang sering masuk ke perairan Togean.

Kepulauan Togean
Sumber foto: topindonesiaholidays.com

Keindahan terumbu karang dan biota laut kepulauan Togean menjadi taya tarik luar biasa bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan, hanya dengan mata telanjang saja, kita dapat melihat ikan-ikan indah yang berwarna warni berseliweran di antara terumbu karang. Itu sebabnya, menyelam dan snorkeling  menjadi kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung di kawasan ini.

Kepulauan Togean
Sumber foto: cruisingindonesia.com

Sebagai bagian dari wilayah Pulau Sulawesi, Kepulauan Togean tercatat dalam kawasan Coral Triangle. Sebagai catatan, Coral Triangle adalah wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang, meliputi perairan Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon. Wilayah perairan di sekitar Pulau Sulawesi termasuk di dalam segitiga ini.

Kawasan Coral Triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dari seluruh biodiversitas dunia, dan menjadi kawasan konservasi yang utama di dunia, yang berada di bawah naungan WWF (World Wildlife Fund).

Sumber foto: kanalsatu.com
Sumber foto: kanalsatu.com

Terlebih lagi, terumbu karang di Kepulauan Togean merupakan yang paling lengkap di Indonesia. Tercatat ada 4 macam terumbu karang yang terdapat di kawasan ini, yaitu karang cincin (atol), karang tompoh (patch reef), karang tepi (fringing reef), dan karang penghalang (barrier reef). Berbagai terumbu karang dengan aneka warna dapat ditemukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 Famili tersebar di perairan kepulauan ini. Tujuh spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean.

Kepulauan Togean terbentang sepanjang 90 kilometer. Terdiri atas 6 pulau besar dengan 60 pulau-pulau kecil. Beberapa lokasi yang menjadi tujuan wisata di kepulauan ini di antaranya:

Pulau Kadidiri

Salah satu spot terbaik untuk menyelam dan snorkeling berada di pulau ini. Pulau Kadidiri memiliki pantai berpasir putih yang bersih dan laut biru yang jernih. Biota lautnya yang berjumlah lebih dari 200 macam merupakan daya tarik bagi turis asing.

Pulau Una-una

Di pulau ini, terdapat Gunung Colo, dengan ketinggian sekitar 2.509 meter. Gunung Colo merupakan gunung berapi yang hingga kini masih aktif. Pulau Una-Una juga memiliki kawasan untuk menyelam yang sangat indah.

Pulau yang satu ini terbilang unik. Pulau Una-una yang terbentuk akibat letusan gunung berapi berbeda dengan gugusan pulau-pulau lain di Kepulauan Togean. Jika hampir seluruh pantai di Kepulauan Togean berpasir putih, pasir pantai di Pulau Una-Una berwarna hitam.

Pulau Batudaka

Pulau Batudaka adalah pulau terbesar di Kepulauan Togean. Pulau ini juga paling mudah dijangkau. Di pulau ini, terdapat desa Bomba yang merupakan kawasan pemukiman masyarakat Togean. Jadi, di tempat ini para wisatawan dapat mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Togean. Di kawasan ini juga terdapat hutan bakau dengan panorama yang sungguh memikat.

Pulau Taipi

Perairan di pulau ini merupakan surga bagi para pencinta olahraga menyelam. Pulau ini memiliki pemandangan alam bawah laut yang luar biasa cantik. Terumbu karang sudah tumbuh dalam jarak lima meter dari garis pantai. Jadi, tidak perlu menyelam untuk dapat menikmati keindahan terumbu karang ini. Jarak Pulau Taipi dengan Pulau Kadidiri sekitar 4 kilometer.

Pulau Siatu

Pulau ini dihuni oleh Suku Bajo. Jadi, di tempat ini wisatawan akan disuguhi eksotika pemukiman Suku Bajo. Suku Bajo adalah suku laut yang legendaris. Suku ini sangat terkenal sebagai pelaut ulung. Warga Suku Bajo bahkan membangun perkampungan mereka menjorok ke arah lautan.

Pulau Malenge

Pulau yang juga memiliki gugusan pantai yang indah dan pemandangan alam yang memesona ini terbilang unik. Kondisi alamnya masih diliputi hutan tropis yang rimbun. Pulau ini juga menjadi tempat tinggal Suku Bajo.

Pulau Kundurang

Kundurang adalah lokasi pemancingan ikan laut. Kundurang berlokasi di tengah laut karang. Degradasi warna air membuat di tempat ini benar-benar menawan. Karang-karang di tempat ini sungguh menakjubkan. Sangat indah dan dapat dilihat dari atas perahu karena air yang sangat jernih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 14 =