Keindahan Pantai Batu Lamampu di Pulau Sebatik yang Memesona

143
Pantai Batu Lamampu
Foto: Ezagren/Wikipedia

1001indonesia.net – Salah satu tempat wisata paling terkenal di Kalimantan adalah Pantai Batu Lamampu yang terletak di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pantai ini menjadi salah satu ikon Pulau Sebatik yang mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun manca negara.

Nama Batu Lamampu sendiri berasal dari bahasa Tidung yang artinya batu timbul. Menurut masyarakat setempat, batu ini selalu muncul ke atas permukaan dan tak pernah tenggelam meskipun air laut pasang. Batu keramat di Batu Lamampu tersebut kerap menjadi tempat persinggahan para wisatawan. Di atas tumpukan batu karang itu terdapat pohon beringin.

Satu hal yang mengesankan di tempat wisata ini adalah pesona Ambalat. Keindahan daerah perbatasan antara Indonesia dan negeri jiran itu bisa diamati dari pantai ini. Letak Pantai Batu Lamampu memang menghadap langsung ke perbatasan dengan garis pantai yang menakjubkan.

Pantai ini mempunyai panorama laut yang indah dengan hamparan pasir putih, tumpukan karang, dan batu-batuan yang menuju arah laut lepas. Ada banyak kegitan yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berenang, bersantai sambil menikmati keindahan alam, champing, dan beragam event lainnya.

Untuk berwisata ke Pantai Batu Lamampu, Anda harus menyeberang laut terlebih dahulu ke Dermaga Mantikas Kecamatan Sebatik Barat. Ada dua pilihan alat transportasi yang bisa digunakan, yaitu perahu dan feri.

Untuk transportasi perahu melalui rute Pelabuhan Sungai Jepun–Pelabuhan Binalawan sedangkan untuk transportasi feri melalui rute Pelabuhan Sungai Jepun-Pelabuhan Feri Liang Bunyu.

Baca juga: Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.