Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

743
Penyu di Perairan Kepulauan Derawan
Penyu di Perairan Kepulauan Derawan (Sumber: WWF Indonesia - Cipto A. Gunawan)

1001indonesia.net – Kepulauan Derawan memiliki panorama alam yang sangat indah. Keindahan pantai dan alam bawah lautnya sukar untuk dilukiskan dengan kata-kata. Tidak salah jika kawasan ini dikatakan bak “surga dunia”.

Kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini merupakan salah satu dari kepulauan penyu Nusantara.  Di Indonesia, kepulauan ini merupakan kawasan terbesar yang menjadi tempat bertelur penyu sisik dan penyu hijau spesies langka.

Ada 4 pulau utama di Kepulauan Derawan, yaitu Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Maratua. Keempat pulau tersebut menjadi tujuan bagi wisata bahari. Keindahan alam bawah lautnya dengan biota laut yang beraneka ragam menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama yang menggemari kegiatan menyelam dan snorkeling. Bercengkerama dengan penyu-penyu bisa menjadi momen spesial bagi para penyelam.

Pantai di Pulau Derawan (Foto: pecintaalam.net)
Pantai di Pulau Derawan (Foto: pecintaalam.net)

Keunikan lain di Kepulauan Derawan adalah adanya ubur-ubur di danau Pulau Kakaban. Ubur-ubur ini merupakan jenis tanpa sengat yang tergolong langka. Di dunia hanya ada di dua tempat. Selain di Kakaban, ubur-ubur tanpa sengat hanya bisa dijumpai di Jellyfish Lake di Pulau Palau, bagian Kepulauan Mikronesia, yang berada di Samudra Pasifik. Karena keunikannya, ubur-ubur ini dimasukkan sebagai nominasi World Heritage UNESCO.

Berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban, Kepulauan Derawan. (Foto: blog.hulaa.com)
Berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban, Kepulauan Derawan. (Foto: blog.hulaa.com)

LEAVE A REPLY

12 − one =