Goa Jepang Kaliurang, Jejak Pendudukan Jepang di Indonesia

896
Goa Jepang Kaliurang
Foto: Istimewa

1001indonesia.net – Jepang yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun meninggalkan berbagai jejak sejarah, di antaranya berbentuk gua. Salah satu peninggalan Goa Jepang yang ada di Indonesia terletak di Kecamatan Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Jepang Kaliurang terletak kurang lebih 27 kilometer dari Kota Yogyakarta. Lokasi gua buatan ini dapat dicapai melalui kawasan wisata alam Nirmolo. Untuk mengunjungi gua ini butuh fisik bugar. Sebab, untuk sampai ke lokasi gua, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 45 menit.

Gua ini dahulu difungsikan oleh tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Goa Jepang yang berada di Kaliurang ini berjumlah 25 unit. Goa-goa tersebut saling berhubungan satu sama lain. Saat ini kondisinya masih orisinal.

Kondisi di dalam gua gelap gulita tanpa penerangan. Meski demikian, pengunjung tidak perlu khawatir ketika memasuki goa ini. Di depan pintu masuk goa pertama, terdapat pemandu yang siap menemani dan menjelaskan berbagai hal tentang goa ini.

Dengan biaya yang relatif terjangkau, pengunjung dapat menyewa fasilitas penerangan sekaligus ditemani seorang pemandu.

Selain gua bersejarah ini, di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang yang berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi juga terdapat beberapa situs wisata lain, seperti curug dan Plawangan. Dari puncak bukit Plawangan, pengunjung dapat melihat keindahan Gunung Merapi.

Dengan demikian, dengan berkunjung ke Goa Jepang, wisatawan dapat belajar sejarah pendudukan Jepang di Indonesia sekaligus menikmati keindahan pemandangan alam.

Baca juga: Fort Van der Capellen, Benteng Peninggalan Belanda di Batusangkar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.