Danau Ranau, Keindahan Danau Terbesar Kedua di Sumatra

343
danau ranau
Danau Ranau menjadi sumber irigasi sekaligus sebagai tempat wisata. (Foto: SHUTTERSTOCK/Akhmad Dody Firmansyah)

1001indonesia.net – Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, setelah Danau Toba. Letaknya di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Tepatnya di perbatasan antara Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Lampung Barat.

Danau Ranau termasuk danau vulkanik. Aliran utama danau berasal dari Sungai Warkuk. Air danau ini mengalir keluar menuju Sungai Selabung, yang merupakan salah satu anak Sungai Komering.

Air danau ini mengairi Daerah Irigasi Komering yang terletak di Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, dan Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung.

Luas permukaan danau 125,9 kilometer persegi dengan kedalaman rata-rata 174 m serta kedalaman maksimum 229 m. Volume air yang ada sekitar 21,95 kilometer kubik. Danau ini berada di ketinggian 540 m di atas permukaan laut.

Secara geografi topografi danau ini adalah perbukitan yang berlembah. Ini menjadikan udara di sekitar danau terasa sejuk.

Baca juga: Air Terjun Sipiso-piso, Keindahan Salah Satu Sumber Air Danau Toba

Danau Ranau memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tidak heran jika danau ini tak hanya difungsikan sebagai sumber irigasi, melainkan juga untuk wisata. Birunya air danau, pemandangan Gunung Seminung, dan sejuknya udara tentu sangat menyegarkan, membebaskan diri dari kepenatan hidup sehari-hari.

Di kawasan sekitar danau juga terdapat tempat wisata lain, seperti Pulau Mariza yang berada di tengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang, serta air terjun Subik Tuha. Pemandian air panas dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Di kawasan ini terdapat gardu pandang yang dapat digunakan melihat keindahan Danau Ranau sejauh mata memandang. Tidak jauh dari tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan peternakan ikan yang diusahakan oleh penduduk setempat. Kawasan sekitar danau juga strategis untuk kegiatan outbond.

Danau Ranau dapat dicapai dari kota Muara Dua, ibu kota Kabupaten OKU Selatan melalui jalan darat sekitar 1,5 jam. Lokasi ini juga dapat dicapai melalui Kota Pelembang sekitar 8 jam.

Selain itu, Danau Ranau dapat ditempuh melalui jalan darat dari kota Liwa, ibu kota Kabupaten Lampung Barat sekitar 1 jam atau Bandar Lampung sekitar 6 jam. Akses jalan menuju Danau Ranau cukup bagus.

Baca juga: Danau Singkarak, Pesona Danau Terbesar di Sumatra Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.