Air Terjun Sipiso-piso, Keindahan Salah Satu Sumber Air Danau Toba

47
Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara (Foto: Flickr / winnie_wasono)

1001indonesia.net – Salah satu air terjun tertinggi di Indonesia terletak di Sumatra Utara, namanya Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun yang letaknya tak jauh dari Danau Toba tersebut tingginya 120 meter, dan menjadi salah satu sumber air bagi danau terluas di Indonesia itu.

Air terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Letaknya sekitar 1 kilometer dari Taman Sapo Juma, sebuah taman bunga cantik di dekat Danau Toba. Dari Kota Medan, pengunjung membutuhkan waktu berkendara 3-4 jam ke tempat ini.

Untuk sampai di lokasi air terjun yang berada di ketinggian 800 mdpl ini, Anda akan melewati jalan yang terjal dan berliku. Tiba di lokasi, pengunjung pun harus berhati-hati karena ada banyak anak tangga yang harus dilalui dan jalur turun yang curam menuju titik jatuhnya air.

Kata piso sendiri berasal dari kata pisau karena begitu kuat dan derasnya air terjun hingga dikatakan mirip pisau yang tajam. Oleh sebab itu, pengunjung tidak bisa mandi tepat di bawah air terjun karena sangat berbahaya.

Air terjun yang dikelilingi oleh jajaran pohon pinus ini merupakan bagian dari aliran Sungai Pajanabolon yang mengalir menuju Danau Toba. Air terjun Sipiso-piso terbentuk akibat reruntuhan dinding kaldera hasil tiga periode letusan gunung api.

Runtuhan tersebut ikut memotong sungai yang menjadi air terjun sipiso-piso kini. Berada di area perbukitan, Sipiso-piso juga dianugerahi panorama indah nan menakjubkan.

Baca juga: Fenomena Letusan Gunung Toba

Sungai air terjun merupakan sungai permanen yang saat ini dimanfaatkan sebagai sebagai sumber air untuk masyarakat sekitar seperti desa Pangambatan, Aek Hotang, dan sebagainya.

Saat ini wisata alam Air Terjun Sipiso-piso dikelola oleh Pemda Kabupaten Karo. Dari lokasi air terjun, pengunjung bisa melihat keindahan Danau Toba dengan jelas. Tak hanya wisatawan lokal, keindahan wisata alam ini juga dinikmati oleh turis mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − eleven =