Air Terjun Temam, Keindahan Niagara Mini di Lubuklinggau

111
Air Terjun Temam
Keindahan Air Terjun Temam di Lubuklinggau yang dijuluki sebagai Niagara-nya Indonesia. (Foto: gosumatra.com)

1001indonesia.net – Air Terjun Temam merupakan destinasi wisata alam di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Airnya berasal dari aliran sungai Temam masih bersih dan terbebas dari sampah.  Karena bentuknya terlihat bagai tirai raksasa, air terjun ini sering disebut sebagai Niagara-nya Indonesia.

Tinggi air terjun ini mencapai 12 meter dengan lebar 25 meter. Dikelilingi bebatuan alam serta pepohonan yang hijau, destinasi wisata ini menyajikan pemandangan yang masih alami.

Di atas air terjun terdapat jembatan gantung yang melintang sepanjang 100 meter. Para pengunjung dapat melihat air terjun Temam dari atas jembatan. Jaraknya hanya 50 meter dari air terjun.

Di bawah bawah air terjun Temam terdapat kolam alami sedalam 4 meter. Kolam itu biasa digunakan anak-anak yang tinggal di sekitar air terjun untuk loncat dari atas jembatan.

Di bawah air terjun ini terdapat lampu berwarna-warni. Pada malam hari, lampu-lampu yang otomatis menyala ketika hari gelap tersebut akan membuat pemandangan di air terjun menjadi indah.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, destinasi wisata ini juga dilengkapi beberapa fasilitas lain yang tak kalah menarik. Di bagian belakang air terjun terdapat taman bunga dan area bermain flying fox.

Air terjun ini pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda pada 1920. Areal tersebut dahulu merupakan lokasi orang-orang Belanda liburan. Lokasinya berada di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Kira-kira berjarak 11 km dari pusat Kota Lubuklinggau.

Air Terjun Temam
Air Terjun Temam di Lubuklinggau, Sumatra Selatan. (Foto: Republika/Adysha Ramadhani)

Baca juga: Air Terjun Sipiso-piso, Keindahan Salah Satu Sumber Air Danau Toba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =