Air Terjun Lembah Anai, Keindahan Alam di Sumatra Barat

45
Air Terjun Lembah Anai
Keindahan alam dan aksesnya yang mudah membuat Air Terjun Lembah Anai selalu ramai dikunjungi wisatawan. (Foto: IndoneiaKaya.com)

1001indonesia.net – Air Terjun Lembah Anai berada persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi. Secara administratif, objek wisata alam ini terletak di Nagari Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatra Barat.

Meski berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, lokasinya lebih dekat dengan Kota Padang Panjang. Sebab itu, masyarakat sering menyebut air terjun ini terletak di Kota Padang Panjang dan bukan di Tanah Datar.

Air terjun ini berada di ceruk pada sebuah dinding bukit. Posisinya yang berada di pinggir jalan sehingga mudah diakses membuat destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Orang Padang biasa menyebut air terjun ini dengan nama Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun berketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai. Kawasan ini ditetapkan menjadi cagar alam oleh pemerintah kolonial Belanda lewat surat keputusan No. 25 Stbl No. 756 pada 18 Desember 1922.

Cagar alam seluas 221 hektare ini menjadi habitat berbagai hewan yang dilindungi. Di antaranya adalah harimau sumatera, beberapa jenis monyet, burung elang, trenggiling, tapir, biawak, hingga beberapa jenis kupu-kupu.

Sebenarnya ada 3 air terjun di lokasi ini. Selain Air Terjun Lembah Anai yang terletak di pinggir jalan, dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Di sepanjang Jalan Raya Silaiang Bawah yang menuju Lembah Anai mengalir Sungai Batang Anai yang berair jernih. Di kiri kanan jalan merupakan hutan lebat yang menutupi kawasan Lembah Anai.

Di kawasan ini terdapat juga rel kereta api pertama di Sumatra Barat yang dibuat tahun 1895 yang menghubungkan Padang dan Padang Panjang.

Perpaduan alam perbukitan yang rindang, aliran sungai yang jernih dengan air terjunnya, serta rel kereta api yang bersejarah membuat tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang kebetulan mengunjungi Padang Panjang, Sumatra Barat.

Baca juga: Air Terjun Temam, Keindahan Niagara Mini di Lubuklinggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.