Ulu Kasok Riau, Wisata Alam Serupa Raja Ampat

598
Ulu Kasok
Pemandangan alam di puncak Ulu Kasok menyerupai Raja Ampat di Papua. (foto: jelajahnusa.com)

1001indonesia.net – Ulu Kasok merupakan destinasi wisata di Riau yang keindahannya menyamai Raja Ampat di Papua. Wisata alam yang terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau itu juga menyajikan keindahan gugusan pulau dengan hutan hijau di atasnya.  Tak heran, tempat itu disebut orang sebagai “Raja Ampat KW Riau”.

Keindahan pemandangan alam di Riau itu dikenal banyak orang karena viral di media sosial. Sejak menjadi perbincangan banyak orang di dunia maya, banyak orang yang datang untuk menyaksikan langsung keindahan keindahan alam Danau PLTA Koto Panjang. Dari puncak bukit yang cukup tinggi itu, pemandangan hamparan danau dengan pulau-pulau kecil mirip sekali dengan Raja Ampat.

Sebenarnya ada tiga lokasi wisata di Ulu Kasok, yaitu air terjun, wisata pulau dengan speedboat, dan puncak Ulu Kasok. Dari ketiga tempat tersebut, puncak Ulu Kasok adalah yang paling ramai. Padahal untuk mencapainya, pengunjung harus mengerahkan tenaga ekstra, mendaki sekitar 500 meter.

Ulu Kasok bisa menjadi wisata alternatif bagi siapa saja yang ingin menyaksikan keindahan Raja Ampat, tapi belum kesampaian. Maklum, untuk ke Raja Ampat, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang cukup.

Ulu Kasok
Foto: ANTARA/FB Anggoro

Setiap hari libur, tempat itu ramai oleh pengunjung. Di sana, banyak spot menarik untuk berswafoto, terutama pemandangan di puncak dengan latar belakang gugusan pulau. Di tempat ini pula, pengunjung bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan segarnya udara di pagi hari.

Ulu Kasok berjarak sekitar 90 km dari Pekanbaru, ibu kota Riau, atau sekitar dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Lokasinya tak jauh dari jalan raya Bangkinang-Payakumbuh sehingga mudah dijangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =