Situs Cagar Budaya Ustano Rajo Alam Pagaruyuang

55
Ustano Rajo Alam Pagaruyuang
Kompleks pemakaman raja dari Kerajaan Pagaruyuang. (Foto: Istimewa)

1001indonesia.net – Situs Cagar Budaya Ustano Rajo Alam adalah salah satu kompleks pemakaman raja-raja dari Kerajaan Pagaruyuang. Letak kompleks makam ini sekitar 500 meter dari Rumah Gadang Bundo Kanduang dan Situs Batu Basurek Adityawarman.

Tempat bersejarah ini terletak di sebelah kanan jalan yang mengarah ke Istano Pagaruyuang. Kira-kira 1,5 kilometer sebelum istana peninggalan Kerajaan Pagaruyuang tersebut.

Di dalam kompleks makam ini terdapat 13 makam dari batu yang diberi semen. Makam ini bersih dan terawat. Salah satu makam tersebut diberi atap dan ditutupi kain berwarna kuning, warna lambang Luhak Tanah Datar.

Pintu masuk Ustano Raja Alam. (Foto: https://djangki.wordpress.com/)

Dalam situs Ustano Rajo Alam Pagaruyuang ini juga terdapat tempat bermusyawarah yang disebut Medan Nan Bapaneh. Terletak di bawah pohon beringin, terdapat 15 kursi batu bagi penghulu yang sedang bermusyawarah di Medan Nan Bapaneh.

Tepat di bawah pohon beringin, terdapat batu panjang yang sudah patah yang disebut Batu Kasur. Batu ini menjadi tempat pengujian bagi calon raja yang hendak diangkat. Sang raja duduk atau tidur semalam di atas batu tersebut setelah diberi miang atau serbuk gatal.

Medan Nan Bapaneh atau tempat bermusyawarah di Ustano Rajo Alam. (Foto: http://pustaka.pandani.web.id/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.