Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Wisata Kawah Putih di Sumatera Utara

139
Salju Panas di Desa Dolok Tinggi Raja
Salju Panas di Desa Dolok Tinggi Raja. (Foto: traveljunkiediary.com)

1001indonesia.net – Istilah salju panas pasti terdengar aneh di telinga kita. Ini memang bukan benar-benar salju, tapi sebuah kawah yang didominasi dengan batu kapur berwarna putih serupa salju. Kita biasanya menyebutnya dengan nama kawah putih.

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungun Sumatera Utara. Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan hamparan bebatuan kapur menyerupai salju. Di tengah-tengah kawasan ini terdapat sumber air panas membentuk danau. Airnya yang berwarna biru kehijauan menyempurnakan keindahan tempat ini.

Sumber air panas tersebut mengeluarkan asap dari dalamnya. Di beberapa titik suhunya mencapai 90 derajat celsius, cukup untuk membuat telur mentah menjadi matang. Sebab itu, pengunjung yang datang tidak bisa mandi di lokasi yang cantik tersebut.

Meski demikian, pengunjung tak usah khawatir. Tak jauh dari sana, tepat di bawah tebing, terdapat aliran sungai dari sumber air panas yang lebih ramah bagi manusia. Di sini, pengunjung bisa berendam dan berelaksasi.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum banyak dikenal, namun sangat menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini dikenal juga dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja.

Untuk menuju ke area ini dibutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan darat dari Medan dengan akses jalan yang cukup menantang. Namun, pengunjung tak akan menyesal. Semua lelah dan segala kesulitan akan terbayar dengan keindahan kawah putih ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 5 =