Rambut Monte, Wisata Alam dan Budaya di Kabupaten Blitar

80
Rambut Monte
Foto: Tribunnews.com

1001indonesia.net – Rambut Monte merupakan sebuah kawasan wisata berupa telaga, petilasan, dan candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Berada di lereng Gunung Kawi, destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan.

Objek wisata ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar. Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Blitar, bisa ditempuh dalam 40-60 menit dengan kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan hijaunya hamparan perkebunan teh Bantaran yang indah.

Candi Rambut Monte

Saat kita memasuki kawasan ini, tempat pertama yang kita jumpai adalah candi. Berukuran kecil dan tersusun dari batu andesit, bangunan Candi Rambut Monte sudah tidak utuh lagi.

Di samping candi, terdapat arca lingga yoni sebagai lambang kesuburan. Suasana sakral terasa di tempat ini. Bekas dupa dan taburan bunga menjadi tanda peninggalan ini sering digunakan sebagai tempat meditasi.

Di bawah candi terdapat telaga yang menjadi andalan kawasan wisata ini. Telaga tersebut menjadi habitat ikan-ikan sengkaring, jenis ikan yang termasuk dalam kategori purba. Warga sekitar menyebut ikan-ikan berwarna kelabu kecokelatan dan bersisik tegas itu  sebagai ikan dewa. Ikan itu dianggap keramat sehingga tidak boleh diambil atau dipancing.

Pengunjung juga tidak diperkenankan berenang di dalam telaga yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat itu. Bagi pengunjung yang ingin berenang disediakan kolam terpisah.

Ikan Dewa di Telaga Rambu Monte
Ikan Sengkaring di Telaga Rambut Monte. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Ikan Dewa. (Foto: Tribunnews.com)

Kawasan ini dikenal sebagai petilasan dari Mbah Rambut Monte, leluhur desa setempat. Konon, sosok yang sangat dihormati oleh masyarakat di sana itu masih keturunan dari Kerajaan Majapahit. Untuk menghormatinya, secara turun-temurun dilaksanakan tradisi bersih desa di kawasan Petilasan Rambut Monte.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − six =