Pantai Tanjung Tinggi, Indahnya Wisata Alam di Bangka Belitung

314
Pantai Tanjung Tinggi
Foto: lensabelitungtrip.com

1001indonesia.net – Suksesnya film Laskar Pelangi membuat banyak tempat di Kepulauan Bangka Belitung menjadi destinasi wisata populer. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut. Tak heran pantai ini dikenal sebagai Pantai Laskar Pelangi.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki bebatuan besar, pasir putih, air laut yang bening berwarna hijau tosca, dan ombak yang jinak. Keberadaan batu-batu tersebut menjadi misteri karena tak ada gunung berapi di dekat sana sebagai sumber bebatuan tersebut.

Ukuran bebatuan granit itu bervariasi, ada yang sangat besar hingga yang relatif kecil. Keberadaan batu yang berukuran besar membuat pantai panjang ini tersekat-sekat, seakan-akan ada bilik-bilik kecil yang tercipta di sepanjang pantai.

Pantai Tanjung Tinggi berada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam. Namanya diambil dari kata tanjung yang berarti semenanjung, dan tinggi yang merujuk pada bebatuan tinggi yang ada di pantai ini.

Objek wisata ini masuk wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Lokasinya dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan, pantai ini bisa ditempuh selama 45 menit menggunakan jalur darat.

Pantai ini juga berdekatan dengan Pulau Lengkuas, tempat mercusuar tua berwarna putih berdiri. Dari pantai di depan mercusuar itu, kita bisa berenang pada saat pasang atau berjalan pada saat surut ke pulau kecil di depannya.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba kuliner khas daerah ini, yaitu Gangan. Masakan ini merupakan sup ikan khas Belitung. Bumbu kunyit dan beragam rempah lain diolah bersama nanas muda dan kepala ikan. Rasa asam-pedas gangan berpadu dengan sepiring nasi menjadi menu istimewa yang tak bisa dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 5 =