Pantai Merah atau Pink Beach di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

679
Pantai Merah atau Pink Beach di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pantai Merah secara internasional dikenal sebagai Pink Beach. (Foto: jadituris.com)

1001indonesia.net – Pantai yang terletak di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur ini bernama asli Pantai Merah. Namun, secara internasional lebih dikenal dengan nama Pink Beach.

Nama pink berasal dari warna pasirnya yang benar-benar berwarna merah muda. Kemungkinan besar, warna ini terbentuk secara alami dari pecahan karang, spons laut, dan cangkang kerang yang berwarna merah, serta kalsium karbonat dari biota laut invertebrata.

Pantai Merah atau Pink Beach menjadi satu dari 7 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia.

Bukan hanya pemandangan pantainya yang eksotik. Terumbu karang di perairan Pantai Merah luar biasa bagusnya. Taman bawah lautnya juga merupakan rumah bagi berbagai jenis biota laut yang sangat beragam. Terdapat 1000-an jenis ikan, ratusan jenis karang, dan 70 jenis spons laut yang hidup di dalamnya.

Oleh karena itu, olahraga menyelam dan snorkeling menjadi kegiatan pavorit bagi pengunjung pantai ini.

Pink Beach (Foto: indonesia.travel)
Pink Beach (Foto: indonesia.travel)

Berita bagusnya, Pantai Merah ini kosong. Tidak ada penduduk yang menghuninya dan juga tidak ada bangunan apa pun. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alami pulau ini sepuasnya.

Namun, harus hati-hati. Ingat, pantai ini terletak di Pulau Komodo. Dan, komodo senang berjemur di pantai ini.

Tapi, tenang saja. Akan ada ranger atau jagawana (polisi hutan) yang akan mengawal dan berperan sekaligus sebagai pawang di kawasan yang masuk dalam Taman Nasional Pulau Komodo ini. Para ranger inilah yang akan memberi penjelasan dan pengawalan pada para wisatawan jika ingin berkeliling lebih jauh di Pulau Komodo.

 

LEAVE A REPLY

four × 4 =