Pantai Dato, Pesona Wisata Bahari di Kota Majene

81
Pantai Dato Majene
Foto: gemasulawesi.com

1001indonesia.net – Tanah Sulawesi menyimpan sejuta keindahan alam yang takkan pernah habis dinikmati. Salah satunya adalah Pantai Dato Majene. Pantai yang terkenal akan keindahannya itu menjadi salah satu destinasi yang membuat Majene terkenal dengan wisata baharinya.

Pantai Dato yang terletak di Dusun Pangale, Baurung, Kecamatan Banggae Timur. menawarkan keindahan alam yang memukau. Hamparan pasir putih dan batu karang di sepanjang pantainya memanjakan mata dan menenangkan. Dapat menjadi sarana pelepas kepenatan dari tekanan hidup sehari-hari.

Perairan lepas pantainya juga relatif tenang dengan keindahan bawah laut yang masih terjaga baik. Tentu ini menjadi surga bagi orang-orang yang hobi snorkeling dan menyelam.

Yang menarik, tiap tahun di bulan Agustus hingga September, pengunjung bisa menyaksikan Sandeq Race di tempat ini. Event ini merupakan ajang balapan perahu sandeq, perahu khas suku mandar yang sangat termasyhur.

Baca juga: Perahu Sandeq, Perahu Layar Bercadik Kebanggaan Suku Mandar

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, sejak beberapa tahun terakhir, Pemda Majene membangun sejumlah fasilitas di tempat wisata ini. Selain memperbaiki akses jalan menuju pantai, Pemda membangun jembatan kayu yang memanjang di atas permukaan laut. Di bangun juga sejumlah gazebo, baik di pinggir pantai maupun di atas bebatuan karang.

Pantai yang menjadi salah satu andalan wisata bahari di Sulawesi Barat ini terletak sekitar 7 kilometer dari Kota Majene, dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 15 menit saja. Karena mudah diakses, destinasi wisata ini banyak dikunjungi, baik warga lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.