Ngalau Indah, Wisata Gua Alam di Kota Payakumbuh

46
Ngalau Indah
Foto: @sudutpayakumbuh

1001indonesia.net – Kota Payakumbuh di Sumatra Barat memiliki destinasi wisata gua yang menawan. Namanya Ngalau Indah. Dalam bahasa Minang, ngalau berarti gua. Jadi Ngalau Indah berarti gua yang indah.

Ngalau Indah letaknya di Bukit Simarajo, sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh atau 31 km dari Bukittinggi. Jalan menuju gua ini sedikit menanjak di sepanjang pinggir bukit, tetapi tidak terlalu tajam.

Destinasi wisata ini berupa sebuah gua alam dengan beberapa mulut gua sebagai akses masuk dan keluar. Gua ini berukuran cukup besar. Di dalamnya, kita bisa melihat keindahan stalaktit dan stalagmit.

Batu-batu di dalam gua ini memiliki bentuk yang unik, seperti Batu Lonceng, Batu Gajah, Batu Tirai, Batu Menangis, Batu Payung, Batu Gong, dan Batu Kelambu. Nama-nama batu tersebut merujuk pada bentuknya yang unik.

Terdapat pula beberapa jembatan buatan yang menarik untuk dijadikan spot untuk berfoto. Dinding-dinding gua dengan tekstur berongga-rongga menambah daya tarik gua alam ini.

Gua yang terletak di ketinggian 640 mdpl ini dihuni kawanan kalelawar yang bergelantungan di atap-atap gua. Selain kalelawar, juga terdapat burung walet yang bersarang di antara celah-celah langit-langit yang menjulang dengan tinggi sekitar 6 hingga 10 meter.

Trek perjalanan menyusuri jalan setapak dari pintu masuk gua hingga pintu keluar gua berjarak sekitar 80 meter. Jalur setapak merupakan jalur menurun dan menanjak dengan banyak anak tangga.

Ada pintu keluar lain menuju trek ke arah Puncak Marajo dengan jarak kurang lebih sekitar 1 km. Selain menjelajahi gua, pengunjung juga dapat menikmati panorama Kota Payakumbuh secara utuh dari ketinggian bukit. Perbukitan ini ditumbuhi pohon-pohon besar sehingga suasananya rindang dan menyejukkan.

Akses menuju gerbang masuk kawasan ini melalui Jalan Soekarno-Hatta. Dari gerbang masuk hingga ke areal parkir kita akan melalui jalur menanjak yang berjarak kurang lebih 800 meter. Jalur ini dikelilingi oleh kawasan hutan wisata seluas kurang lebih 10 hektare yang menyegarkan.

Pada akhir pekan, jalur menuju Ngalau Indah ini menjadi tempat favorit warga Payakumbuh untuk olahraga atau sekadar berjalan-jalan bersama keluarga. Setiap hari Minggu kawasan ini menjadi ajang car free day. banyak warga yang datang berjalan kaki menyusuri jalur tersebut hingga ke puncaknya.

Baca juga: Goa Harimau, Menjelajahi Kehidupan Purbakala di Masa Silam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.