Lubang Sewu, Keindahan Bebatuan Alam di Wonosobo

224
Lubang Sewu
Foto: wisataa.com

1001indonesia.net – Wisata alam Lubang Sewu menawarkan keindahan bebatuan alami yang sangat memukau. Di lokasi yang terletak di tepian Waduk Wadaslintang itu, pengunjung dapat menyaksikan keindahan bebatuan kapur berlubang-lubang menyerupai batu karang di lautan. Tak heran jika Lubang Sewu mulai dikenal sebagai “Grand Canyon mini ala Wonosobo”.

Wisata Lubang Sewu terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo. Kawasan bebatuan itu menjadi bagian dari Waduk Wadaslintang, waduk terbesar di wilayah Jawa Tengah yang diresmikan tahun 1988.

Saat musim hujan, separuh bagian keindahan bebatuan kapur Lubang Sewu tertutup air waduk. Keindahan bebatuan berwarna putih itu baru bisa dinikmati saat musim kemarau ketika air waduk tersebut surut.

Bebatuan di lokasi tersebut merupakan sekumpulan bebatuan cadas berlubang. Nama Lubang Sewu sendiri diambil dari banyaknya lubang pada bebatuan tersebut. Tekstur serta jenis batu-batu tersebut unik, hanya bisa ditemukan di tempat ini.

Keindahan alami bebatuan kapur itu yang menyatu dengan Waduk Wadaslintang sungguh menakjubkan. Apalagi ketika pengunjung berada di lokasi saat matahari terbit (sunrise) maupun matahari tenggelam (sunset).

Lubang Sewu
Foto: mampirngopi.com

Destinasi wisata di Wonosobo itu baru diresmikan tahun 2015 sehingga belum banyak dikenal masyarakat luas. Sebelumnya tempat tersebut hanya dianggap biasa saja. Potensinya baru terlihat setelah viral di media sosial.

Karena hanya bisa dinikmati saat air waduk surut di musim kemarau, Lubang Sewu masuk dalam kategori wisata musiman. Meski demikian, Waduk Wadaslintang sendiri merupakan surga bagi para pemancing yang bisa dikunjungi kapan saja. Para pengunjung juga bisa menikmati keindahannya dengan menyewa perahu untuk berkeliling waduk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + nine =