Keliling Bandung Naik Bus Bandros, Asyik Lho!

128
Bus Bandros
Foto: Tri Ispranoto/Detiknews

1001indonesia.net – Berkeliling Kota Bandung memang asyik. Apalagi, Bandung memiliki suasana yang sejuk dan teduh. Ditambah lagi, saat ini juga sudah terdapat fasilitas pendukung yang memberi kemudahan para wisatawan dalam melakukan aktivitas keliling Kota Bandung. Caranya adalah dengan menggunakan layanan Bandung Tour on Bus yang disingkat Bandros.

Keliling Bandung dengan Bandros menawarkan pengalaman yang berbeda kalau dibandingkan dengan naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Apalagi, bus yang digunakan merupakan bus wisata dengan desain khusus yang memiliki tampilan menarik. Bus ini sudah beroperasi sejak tahun 2018 dan tersedia dalam puluhan unit. Selain itu, Bandros juga hadir dengan berbagai pilihan rute wisata.

Rute Bandros Bandung

Saat ingin menggunakan Bandros sebagai sarana berkeliling Bandung, kamu akan menemukan bahwa bus ini tersedia dalam berbagai warna. Secara total, kamu akan menjumpai 6 warna Bus Bandros. Kamu dapat secara bebas menaiki bus-bus tersebut. Hanya saja, warna pada Bus Bandros itu menjadi indikasi rute yang dilewatinya. Rute-rute bus tersebut di antaranya adalah:

1. Bandros Biru

Rute Bus Bandros Biru diawali dari Alun-Alun Bandung yang kemudian mengarah ke Cibaduyut. Selanjutnya, bus wisata ini akan menuju ke arah Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-Alun Regol, dan terakhir adalah Buah Batu.

2. Bandros Hijau

Bus Bandros warna hijau berangkat dari kawasan Chinatown menuju ke Pasir Kaliki. Berikutnya, bus ini akan melanjutkan perjalanan ke arah Alun-Alun Cicendo, Karang Setra, Kampus UPI, dan berakhir di GOR Padjajaran.

3. Bandros Ungu

Bus Bandros Ungu memiliki rute berawal dari Lapangan Gasibu dan berlanjut ke Taman Cikapayang. Perjalanan akan dilanjutkan ke arah Alun-Alun Bandung, Ujung Berung, Museum Geologi, dan tempat pemberhentian yang terakhir adalah Masjid PUSDAI.

4. Bandros Hitam

Bus Bandros Hitam merupakan bus wisata khusus yang disediakan untuk para tamu penting dari Pemerintah Kota Bandung.

5. Bandros Merah Muda

Bus Bandros Merah Muda mengawali rute keliling Bandung di Lapangan Gasibu. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Taman Pasupati, Teras Cikapayang, dan terakhir di Taman Budaya.

6. Bandros Kuning

Bus Bandros Kuning mengawali perjalanan dari Lapangan Gasibu yang kemudian mengarah ke Taman Cibeunying. Selanjutnya, kamu akan diajak menuju ke Taman Super Hero, Gedung Merdeka, Alun-Alun Bandung, dan terakhir adalah Jalan Braga.

Cara Menggunakan Bus Bandros

Kalau kamu ingin menggunakan layanan Bus Bandros, caranya cukup mudah. Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan 3 lokasi shelter yang bisa dikunjungi. Tiga shelter tersebut masing-masing berada di Alun-Alun Bandung, Taman Balai Kota Bandung, serta Museum Geologi.

Bus ini bisa kamu temukan beroperasi mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Hanya saja, bus ini bukanlah sarana transportasi gratis. Untuk menaiki bus wisata ini, kamu perlu mengeluarkan biaya Rp20 ribu untuk sekali perjalanan. Kalau ingin berkeliling dengan Bandros sepuasnya, bisa membayar tiket multitrip seharga Rp40 ribu.

Berkeliling Bandung dengan naik Bus Bandros, bisa menjadi pengalaman menarik. Apalagi, kamu akan ditemani oleh pemandu wisata saat berwisata ke Bandung. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa keliling Kota Bandung, tetapi juga bisa memperoleh informasi menarik terkait kota berjuluk Paris van Java ini.

Perjalanan wisata keliling Bandung dengan Bus Bandros juga bisa kamu lakukan setiap hari. Kamu pun tidak perlu khawatir dengan biaya untuk naik bus wisata ini. Apalagi, saat ini terdapat ShopBack yang bisa membantu kamu untuk bisa mengumpulkan biaya liburan ke Bandung.

Solusi biaya liburan tersebut bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan kesempatan belanja online di berbagai marketplace melalui ShopBack. Untuk setiap transaksi yang kamu lakukan, mereka akan memberikan cashback dengan nilai tertentu. Nominal cashback tersebut memang tidak terlalu besar. Namun, kalau kamu mengumpulkannya dalam jangka panjang, liburan gratis bukanlah hal yang mustahil.

Dengan solusi tersebut, kamu juga bisa mengajak teman atau pasangan untuk liburan bersama. Keliling naik Bus Bandros rame-rame, jadi semakin mengasyikkan, lho! Apalagi, kamu juga bisa sekaligus mengajak teman atau pasangan untuk berkeliling mencari kuliner yang enak.

Pokoknya, liburan ke Bandung, Seru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.