Karimunjawa, Eloknya Wisata Bahari di Kabupaten Jepara

187
Karimunjawa
Ilustrasi (Foto: (shutterstock/Mazur Travel)

1001indonesia.net – Karimunjawa masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Kepulauan ini memiliki pemandangan yang sangat indah bak surga. Tak heran banyak sekali wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini.

Karimunjawa terletak di kepaulauan dengan luas perairan kurang lebih 110.000 hektare. Dengan keindahan pantai dan gugusan pulaunya yang memesona, kepulauan yang sering dijuluki sebagai Caribbean van Java ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Jepara.

Di Karimunjawa, wisatawan dapat menikmati indahnya pantai yang berpasir putih. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa kapal motor yang digunakan untuk mengelilingi kawasan kepulauan Karimunjawa dan menikmati indahnya pulau-pulau yang tersebar di sekitarnya. Wisata antarpulau menjadi hal yang wajib dilakukan jika mengunjungi kawasan ini.

Selain itu, kawasan ini juga cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving. Terdapat lima spot diving favorit yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pemandangan laut di Karimunjawa. Kelima spot tersebut adalah Mejangan Kecil, Cemara, Pulau Cilik, Pulau Tengah, dan Tanjung Gelam.

Tak hanya memiliki keindahan alam yang memesona, Karimunjawa juga memiliki keanekaragaman hayati yang kaya. Ada beberapa hewan unik dan langka yang ada di kawasan ini, seperti ikan hiu karimunjawa, elang dada putih, penyu sisik, penyu hijau, dan ular edor.

Pada Oktober 2020, Karimunjawa menjadi salah satu dari tiga kawasan yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer di Indonesia. Dua lainnya adalah Cagar Biosfer Bunaken Tangkoko Minahasa dan Cagar Biosfer Merapi Merbabu.

Baca juga: Mandalika, Destinasi Wisata Andalan di Lombok Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.