Kampung Lolai, Keindahan Negeri di Atas Awan di Toraja Utara

2066
Kampung Lolai
Kampung Lolai bak "negeri di atas awan." Berada ketinggian 1.300 m dpl, lokasi ini menyajikan pemandangan yang sangat menawan. Foto: Sanovra JR/tribun-timur.com

1001indonesia.net – Indonesia banyak memiliki perkampungan di dataran tinggi. Beberapa di antaranya menawarkan pemandangan gumpalan awan yang sangat indah hingga mendapat julukan “negeri di atas awan”.  Salah satunya yang terkenal adalah Kampung Lolai.

Kampung Lolai memiliki gugusan pegunungan yang puncaknya bisa dijangkau. Di puncak dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut tersebut akan tersaji pemandangan yang sangat indah berupa hamparan awan, membuat kita serasa di negeri atas awan. Pemandangan gugusan awan dengan sinar matahari pada lanskapnya memberikan suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Kampung Lolai terletak di di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Lokasinya sekitar 20 km dari Rantepao, ibu kota Toraja Utara.

Foto: beritaterhangat.info
Foto: beritaterhangat.info

Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan di sini sambil duduk santai di teras rumah tongkonan. Di tempat ini tempat ini ada barisan tongkonan yang dinamai Tongkonan Lempe. Rumah adat khas Toraja yang merupakan milik penduduk setempat ini bisa disewa sebagai homestay.

Namun, jika tak ingin melewatkan keindahan pemandangan siang dan malam, pengunjung bisa mendirikan tenda di puncak Lolai dan bermalam di sana.

Mulai Dikenal

Kampung Lolai dikenal secara luas secara tidak sengaja. Tepatnya ketika pemugaran rumah tongkonan. Saat itu, banyak fotografer yang datang dan mereka mengunggah foto-foto keindahan alam di sana. Mulailah kampung ini dikenal banyak orang.

Foto: makassar.tribunnews.com
Foto: makassar.tribunnews.com

Pemerintah kemudian menangkap potensi besar yang dimiliki Lolai. Pada acara hari ulang tahun ke-8 Kabupaten Toraja Utara, wisata Kampung Lolai akhirnya diresmikan.

Promosi kemudian dilakukan dengan gencar. Alhasil, Lolai menjadi salah satu destinasi wisata utama di Toraja yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Sumber:

  • http://makassar.tribunnews.com/2016/06/02/pesona-negeri-di-atas-awan-di-kampung-lolai-toraja-utara
  • http://www.rappler.com/indonesia/142162-pesona-kampung-lolai-toraja-sulawesi-selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 8 =