Gunung Rinjani Lombok, Tujuan Pendakian Terfavorit di Indonesia

988

1001indonesia.net – Gunung Rinjani menyimpan panorama yang sangat indah. Gunung yang menjadi tujuan terfavorit bagi para pendaki ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Terletak di pulau Lombok bagian utara. Dengan tinggi 3.726 m dpl, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.805 m dpl) di Jambi, atau puncak tertinggi ketiga setelah Puncak Jaya (4.884 m dpl) di Papua.

Bagi suku Sasak dan Bali, Rinjani adalah gunung yang disucikan karena dipercaya menjadi tempat para dewa sehingga selain menjadi tujuan wisata dan pendakian, tempat ini juga menjadi tempat ziarah.

Gunung Rinjani menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang membentang seluas 41.330 ha dan terletak di 3 kabupaten, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat, di Nusa Tenggara Barat.

Di sebelah barat kerucut Rinjani, terdapat kaldera dengan luas sekitar  3500 m x 4800 m memanjang ke arah barat dan timur. Di kaldera ini terdapat Segara Anak seluas 11.000.000 m2 dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Banyak terdapat ikan mas dan mujair di Segara Anak sehingga dapat menjadi lokasi yang bagus untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut Segara Endut.

Di tengah danau Segara Anak terdapat gunung kecil bernama Gunung Baru atau Gunung Barujari. Gunung yang sering disebut sebagai anak gunung Rinjani ini memiliki kawah berukuran 170 m x 200 m dengan ketinggian 2.296–2376 m dpl. Gunung Barujari meletus pada tanggal 25 Oktober 2015 dan 3 November 2015, setelah sebelumnya meletus pada Mei 2009, 2004, 1994, 1966, 1944.

Di sekitar danau Segara Anak, terdapat objek wisata lain yang juga menarik, yaitu Gua Susu, Gua Manik, Gua Payung. Sedangkan di bawah danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan). Mungkin ini adalah sumber air panas tertinggi di Indonesia.

Pendakian ke puncak Gunung Rinjani menjadi objek wisata andalan di Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena puncaknya merupakan puncak kedua tertinggi di Indonesia maka keberhasilan mendaki puncak Gunung Rinjani menjadi kebanggaan tersendiri bagi kalangan pendaki.

Hal lain yang membuat puncak Rinjani menjadi tujuan favorit pendakian adalah karena gunung ini memiliki panorama yang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Puncak kegiatan pendakian biasanya terjadi pada bulan Juli–Agustus. Terdapat acara rutin memperingati hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus di puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak.

Pendakian ke gunung Rinjani bisa melalui dua jalur, yaitu jalur Senaru dengan ketinggian 600 m dpl dan jalur Sembalun dengan ketinggian 1.150 m dpl. Jalur Sembalun lebih banyak dipilih karena posisinya lebih dekat dengan puncak sehingga dapat menghemat tenaga.

Desa Sembalun menjadi jalur pilihan pendakian Gunung Rinjani. (Foto: gililombok.com)
Desa Sembalun menjadi jalur pilihan pendakian Gunung Rinjani. (Foto: gililombok.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − 5 =