Gunung Panjang Bogor, Nikmatnya Berendam di Air Panas Alami

135
Pemandian Air Panas Gunung Panjang Bogor
Pengunjung berendam di Pemandian Air Panas Gunung Panjang di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA News/Aditya Pradana Putra)

1001indonesia.net – Pemandian Air Panas Gunung Panjang terletak di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berwisata ke tempat ini, pengunjung tak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan alam semata, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh dengan berendam di pemandian air panasnya.

Berada di ketinggian, Gunung Panjang menyediakan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, bukit kapur ini memiliki sumber air panas alami di bagian puncaknya yang menjadi daya pikat bagi pengunjung.

Berendam di Pemandian Air Panas Gunung Panjang tak hanya nikmat, tapi juga menyehatkan. Kandungan belerang di air panas itu berguna bagi kesehatan sendi dan tulang.

Lebih lagi, tidak sulit untuk sampai di Gunung Panjang. Dari DKI Jakarta, hanya butuh waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk sampai ke sana. Sementara dari Kota Bogor ke Gunung Panjang hanya memerlukan waktu 45 menit dengan menggunakan mobil.

Rute yang ditempuh adalah jalur alternatif Tangerang-Bogor Jalan Raya Cogreg. Dari sana, ada beberapa papan petunjuk jalan menuju bukit kapur tersebut. Jalan ke sana pun lebih mudah karena wisatawan bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan pada smartphone, seperti Google Maps dan Waze.

Setelah memasuki gapura kecil dekat loket masuk, puluhan anak tangga menyambut pengunjung menuju tempat pemandian berupa kolam. Sampai di atas bukit, pengunjung bisa langsung menikmati kolam pemandian air hangat tersebut.

Tak hanya berendam, pengunjung juga bisa melumuri wajah dan tubuh dengan belerang yang dilarutkan dengan air hangat setempat. Mereka percaya langkah itu berkhasiat untuk kesehatan.

Gunung Panjang ini pernah populer di kalangan masyarakat karena pernah menjadi lokasi syuting film Panji Tengkorak pada 1971 dan sinetron pahlawan super Saras 008 di awal tahun 2000. Namanya kembali mencuat melalui media sosial. Kini tempat ini ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan dan musim liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.