Gili Trawangan, Destinasi Wisata Andalan Lombok

190
Gili Trawangan, Destinasi Wisata Andalan Lombok
Keindahan Gili Trawangan yang terkenal hingga mancanegara membuat pulau ini menjadi wisata andalan Lombok. (foto: pixabay.com)

1001indonesia.net – Keindahan alam Gili Trawangan yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok ini tak diragukan lagi. Pantai di pulau kecil (gili) yang berpasir putih itu bahkan menjadi salah satu daya tarik utama ketika berkunjung ke Lombok. Tak heran, pulau ini banyak dikunjungi turis asing.

Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan di pulau yang umum disebut sebagai “Gili T” oleh para turis ini. Di pantainya yang sangat indah, pengunjung bisa mencicipi fresh seafood, berjemur, berenang, snorkeling, melihat penyu, canoeing, kayaking, hingga resto shopping. Baik di daratan maupun di dalam lautnya, Gili Trawangan menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Di sini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dalam satu hari sekaligus. Pasalnya, pulau kecil ini memiliki pantai yang menghadap ke timur dan barat.

Gili Trawangan, Destinasi Wisata Andalan Lombok
Pemandangan di pantai Gili Trawangan saat senja hari. (Foto: pixabay.com)

Setiap sisi pantai juga memiliki pemandangan yang berbeda. Pantai yang berada di bagian timur dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut sehingga lebih ramai oleh wisatawan dan penduduk lokal. Sementara pantai di sisi barat lebih sepi, sangat sesuai bagi pengunjung yang lebih menyukai menikmati pantai dalam ketenangan.

Selain pemandangannya yang memukau, di sini pengunjung dijamin mendapatkan udara yang segar dan bersih. Kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi udara dilarang di sini. Sebagai gantinya, wisatawan dapat menyewa sepeda atau menumpang cidomo untuk mengitari pulau.

Cidomo merupakan kereta kuda khas Lombok. Kendaraan tradisional yang dapat memuat hingga 6 orang tersebut tersebut menjadi sarana transportasi andalan di Gili Trawangan.

Cidomo di Gili Trawangan
Cidomo atau kereta kuda khas Lombok. (Foto: KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.)

Fasilitas penginapan yang dimiliki Gili Trawangan pun memadai. Pengunjung dapat bermalam di berbagai penginapan yang ada, mulai dari hostel, tempat glamping, cottage, hingga resort yang memiliki pantai pribadi.

Di tempat ini, wisatawan juga bisa mengikuti kursus menyelam yang diadakan oleh berbagai operator diving. Mereka memiliki fasilitas yang cukup memadai, mulai dari kolam renang latihan hingga peralatan dan kapal untuk menyelam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 1 =