Daun Salam, Aroma Khas Rempah Daun Nusantara

735
Daun Salam
Daun Salam (Foto: manfaat.co.id)

1001indonesia.net – Daun salam  (Eugenia polyantha) merupakan tanaman asli Nusantara. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai bumbu berbagai masakan Nusantara maupun sebagai obat. Aromanya yang khas tapi tidak keras membuat daun salam banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Sebagai obat, daun salam biasa digunakan untuk menyembuhkan hipertensi, diabetes, asam urat, diare, dan penyakit mag.

Pohon salam tumbuh tersebar di kawasan Asia Tenggara, mulai dari Myanmar, Indochina, Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Jawa. Tanaman salam tumbuh liar, juga ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan lain untuk diambil daunnya. Tanaman ini memiliki berbagai nama, di antaranya maselangan, ubar serai (Sumatera), manting (Jawa), gowok (Sunda), samak, kelat samak, serah (Malaysia), duo hua pu tao (Tionghoa), dan Indonesian laurel atau Indonesian bay leaf (Inggris).

Pohon salam dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 m dpl. Tumbuhan salam termasuk dalam tumbuhan keras, dapat mencapai umur bertahun-tahun.

Kandungan kimia dalam daun salam di antaranya tannin, flavonoid, minyak asiri, sitral, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, dan saponin. Selain itu, daun ini juga mengandung karbohidrat dan beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Juga mineral seperti selenium terdapat di dalamnya.

Bagian yang bisa digunakan dari pohon salam terutama adalah daunnya. Bagian kulit batang, akar, dan buah bisa juga digunakan sebagai pengobatan dan keperluan lain. Buahnya bisa juga dimakan. Sementara kayunya bisa digunakan sebagai bahan bangunan dan furnitur.

Daun salam digunakan hampir di setiap masakan tradisional Indonesia. Penyedap alami ini bisa digunakan baik pada saat segar maupun kering. Saat kering, daun salam tak seharum daun yang masih segar. Sebab itu, dalam penggunaan daun salam kering, jumlahnya harus diperbanyak untuk mendapatkan kadar aroma yang sama dengan yang segar.

Selain sebagai bumbu masakan, tanaman ini juga berkhasiat obat. Daun salam dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis, asam urat, radang lambung, diare, gatal-gatal, mengatasi mabuk alkohol, serta menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan pembuluh darah.

*) Diolah dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

12 − eight =