Cenderawasih, Burung Langka nan Elok dari Papua

2156
Cenderawasih, Burung Langka nan Elok dari Papua
Burung Cenderawasih (Foto: pernikdunia.com)

1001indonesia.net – Jenis burung yang satu ini mempunyai warna bulu yang cerah dan kontras: merah, cokelat, kuning, sisi bawah paruh berwarna hijau, dan bulu panjang ekor berwarna putih. Manakala terbang, bulu sayap membuka seperti kipas yang indah. Dialah burung yang termasyhur karena keelokannya, cenderawasih.

Cenderawasih mewakili ciri unik lain dari Nusantara, yaitu keterkaitannya dengan wilayah Melanesia-Pasifik. Persebarannya terutama meliputi Papua Barat (Indonesia), Papua Nugini, dan Australia Timur. Burung yang termasuk dalam genus Paradisaeidae ini terdiri atas 14 genus dengan spesies berjumlah 43. Setidaknya terdapat 30 spesies di Indonesia.

Suku-suku di provinsi Papua dan Papua Barat sangat menghargai burung yang disebut sebagai burung surga (bird of paradise) ini dan menjadikannya simbol budaya, simbol persaudaraan, dan simbol pelestarian.

Waktu dulu, bulu burung cenderawasih dijual untuk dijadikan hiasan topi para perempuan Eropa. Bulunya memang sangat indah, khususnya yang jantan. Itu sebabnya burung ini mendapat sebutan sebagai burung surga. Hal tersebut membuatnya menjadi target para pemburu liar.

Adanya perburuan liar inilah yang menyebabkan jumlah burung cenderawasih semakin menyusut. Keadaan tersebut bertambah parah dengan adanya penebangan liar di hutan yang menjadi habitat mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + two =