Bukit Wono Sumilir, Destinasi Wisata Alam Baru di Gunungkidul

53
Bukit Wono Sumilir Gunungkidul
Pengunjung menikmati keindahan malam di Bukit Wono Sumilir, Gunungkidul. (Foto: wisatainfo.com)

1001indonesia.net – Karangtaruna Bonjing, Gelaran I, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo dengan kreatif mengreasi wisata alam baru bernama Bukit Wono Sumilir. Bukit yang terletak di tengah hutan, sekitar 1,5 km dari Goa Pindul ini, diubah menjadi sebuah destinasi wisata baru. Meski terbilang sederhana, tetapi memesona.

Tempat tersebut aslinya bernama Bukit Bonjing, sebuah bukit biasa yang mulanya tak dikenal oleh orang luar. Di inisiasi oleh tokoh masyarakat setempat dan dibantu oleh para pemuda pemudi bukit tersebut pun mulai dipoles.

Di atas bukit dibangun gazebo yang menjadi tempat wisatawan menikmati keindahan alam sekitar sambil menikmati teh panas, legi (manis), dan kentel (nasgitel). Dibangun pula beberapa ornamen untuk keperluan berfoto. Wisatawan dapat berkunjung siang ataupun malam.

Nama bukit ini berasal dari kata wono yang berarti hutan dan sumilir yang berarti sepoi-sepoi. Nama sesuai dengan lokasinya yang berada di tengah hutan. Dan karena letaknya yang di atas bukit, angin berembus sepoi-sepoi.

Meskipun letaknya di tengah hutan, lokasinya mudah dijangkau. Bagi yang pernah ke Goa Pindul, tinggal berjalan sekitar 1,5 km. Meski belum lama dibuka, Bukit Wono Sumilir lumayan ramai dikunjungi.

Menikmati teh panas, legi, dan kentel (nasgitel) di Bukit Wono Sumilir. (Foto: Endar Widodo/krjogja.com)

Baca juga: Goa Senen, Wisata Bawah Tanah di Gunung Kidul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.