Bukit Doa Kelong, Wisata Alam dan Religi di Kota Tomohon

131
Bukit Doa Kelong di Kota Tomohon (Foto: infojakarta.net)

1001indonesia.net – Selain puncak Gunung Mahawu yang menawarkan pemandangan yang sangat indah di ketinggian, Kota Tomohon memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah memesona, yaitu Bukit Doa Kelong atau Bukit Doa Tomohon.

Bukit Doa Kelong yang berada di kaki Gunung Mahawu ini menjadi destinasi wisata alam sekaligus religi. Pemandangan alamnya yang sangat indah berpadu dengan segarnya udara pegunungan membuat betah siapa saja yang berkunjung ke sana.

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan lokasi outbond dan gathering. Selain itu, Bukit Doa Kelong juga sering digunakan sebagai tempat pemberkatan pernikahan serta pesta pernikahan bernuansa taman.

Ada dua pintu masuk di tempat wisata ini. Pintu masuk pertama hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki karena ada lintasan prosesi Jalan Salib untuk mengenang peristiwa sengsara Yesus Kristus.

Di rute menuju tempat wisata ini, terdapat patung-patung perhentian Jalan Salib. Jalan di sini telah diaspal sehingga perjalanan pengunjung untuk menelusuri tangga-tangga menuju Puncak Via Dolorosa menjadi lebih mudah. Rute ini dikenal sebagai Jalan Salib Mahawu. Ada 14 lokasi perhentian dengan patung-patung yang terbuat dari besi.

Pemandangan di dalam Kapel Bunda Maria di Bukit Doa Kelong, Tomohon, Sulawesi Utara. (Foto: bukitdoatomohon.blogspot.co.id)

Di Puncak Via Dolorosa terdapat Kapel Bunda Maria. Menanjak ke atas lagi terdapat The Grotto of Mother Mary, Goa Mahawu, dan amfiteater. Keberadaan amfiteater membuat tempat ini menjadi sangat menarik.

Amfiteater ini sering digunakan sebagai lokasi pertunjukan seni dan budaya, juga sebagai altar untuk peribadatan. Selain itu, karena menampilkan pemandangan yang unik dan menarik, amfiteater sering juga dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Pemandangan amfiteater di Bukit Doa Kelong yang spektakuler ini membuatnya sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto. (Foto: seputarsulut.com)

Pemandangan alam yang sangat indah, sejuknya udara, dan berpadu dengan nuansa religi membuat Taman Bukit Doa ini menjadi magnet bagi wisatawan. Lokasi ini bisa dicapai sekitar 45 menit hingga 60 menit perjalanan dari Kota Manado.

Sebenarnya tempatnya tak begitu jauh dari ibu kota Sulawesi Utara itu, tetapi karena jalannya menanjak dan berkelok-kelok dengan ruas yang tidak terlalu lebar, Anda tidak bisa leluasa memacu kendaraan Anda dengan cepat. Namun, perjalanan ini akan memberi Anda sensasi yang tersendiri.

LEAVE A REPLY

seventeen − nine =