Anggrek Tebu, Jenis Anggrek Terbesar di Dunia

162
Anggrek Tebu
Foto: kecbungtim.natunakab.go.id

1001indonesia.net – Di antara berbagai jenis anggrek yang ada, anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan yang paling besar dan paling berat. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dengan panjang malai hingga 3 meter.

Anggrek ini sering disebut juga sebagai anggrek macan (meskipun rancu Grammatophyllum scriptum yang memiliki nama serupa), anggrek harimau, dan anggrek ratu. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sugar Cane Orchid, Giant Orchid, atau Queen of the Orchids.

Anggrek raksasa ini merupakan salah satu dari sekitar 5.000-6.000 jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia. Jenis anggrek ini tersebar secara alami di kawasan Asia Tenggara, mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea. Di Indonesia, bunga ini bisa ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Ciri utama anggrek tebu adalah ukurannya yang besar. Malai dapat tumbuh mencapai ketinggian 2,5–3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm. Dalam setiap malai bisa memiliki hingga seratusan kuntum bunga. Batangnya mirip dengan tebu. Dari situlah namanya berasal.

Bunga anggrek tebu berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna cokelat, merah, atau merah kehitam-hitaman. Bunganya bisa tidak mudah layu dan bertahan lama. Meskipun telah dipotong dari batangnya, bunganya mampu bertahan hingga 2 bulan.

Tanaman anggrek tebu tersebar secara alami mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea. Di Indonesia, jenis anggrek ini tersebar mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Tanaman bunga anggrek tebu tumbuh di sela-sela atau pangkal pohon besar di daerah dataran rendah yang beriklim tropis. Anggrek tebu membutuhkan sinar matahari langsung.

Keunikan dan langkanya tanaman anggrek terbesar dan terberat ini membuatnya menjadi salah satu anggrek yang dilindungi. Di Indonesia, anggrek ini dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi.

Baca juga: Anggrek Bulan, Puspa Pesona Nusantara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.