Sugengan Tingalan Dalem Tahunan Keraton Ngayogyakarta

37
Sugengan Tingalan Dalem Tahunan
Foto: kratonjogja.id

1001Indonesia.net – Sugengan Tingalan Dalem Tahunan adalah upacara selamatan yang dilaksanakan oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk memperingati hari kelahiran sultan menurut perhitungan tahun Jawa. Dengan demikian, upacara ini dilaksanakan setahun sekali.

Sultan Hamengkubuwana X yang sekarang bertahta di Keraton Ngayogyakarta lahir tanggal 29 Bakda Mulud. Itu sebabnya, upacara Sugengan Tingalan Dalem Tahunan di Keraton Ngayogyakarta dilaksanakan pada tanggal tersebut.

Upacara ini bertujuan untuk memohon keselamatan bagi Sang Sultan. Semoga beliau dikarunia panjang umur, kesehatan, kesejahteraan, dan kekuatan sehingga mampu mengayomi keluarga besar keraton dan masyarakat Yogyakarta.

Sebelum upacara Sugengan Tingalan Dalem Tahunan dimulai, dilakukan beragam persiapan. Orang-orang yang akan terlibat dalam penyelenggaraan acara mempersiapkan diri dengan bersesuci, yaitu berpusa dan siram jamas (mandi keramas).

Selain itu, dipersiapkan juga segala uborampe upacara. Di antaranya bermacam-macam dhahar (makanan, baik untuk ngarsa dalem maupun untuk para hadirin), bermacam-macan tumpeng, cething sumbul, ketan kolak, dan lain-lain.

Upacara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Seluruh perlengkapan dan uborampe yang telah dipersiapkan diusung dan ditata di Tratag Bangsal Kencana. Setelah itu, tumpeng saka guru yang berjumlah empat pasang diletakkan di empat saka guru (tiang utama) Bangsal Kencana. Kemudian dilantunkan doa oleh pengulu dan abdi dalem suranata.

Setelah acara berdoa selesai, makanan yang khusus untuk dhahar dalem diantarkan ke Keraton Kilen untuk dipersembahkan pada Ngarsa Dalem. Sedangkan makanan lainnya dibagikan kepada yang hadir serta diberikan kepada beberapa Tepas.

Baca juga: Sekaten, Upacara Adat Kesultanan Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.