Rendang: Olahan Kelapa Khas Nusantara

608
Rendang
Rendang diakui sebagai masakan paling lezat di dunia.

1001indonesia.net – Rendang adalah olahan unggul khas Nusantara. Keberadaannya sangat terkait dengan kelapa yang melimpah ruah di lintasan tropis Nusantara. Jenis kuliner ini menjadi salah satu masakan unggulan dengan bahan kelapa. Bumbu rendang terutama menjadi pengolah penganan daging sapi. UNESCO mengakuinya sebagai olahan asli Indonesia.

Rendang dibuat dari bahan kelapa parut, yang kemudian disangrai, dihaluskan, dan kemudian dipadu dengan bumbu Nusantara. Bumbu Nusantara ini antara lain lengkuas, jahe, daun jeruk, merica, lada, serai, dan beberapa bumbu lainnya.

Rasanya biasanya tajam dan gurih. Untuk yang suka pedas, biasanya diberi campuran cabe atau merica yang diperbanyak. Olahan bumbu ini saja sebenarnya sudah enak.

Ketika digoreng kembali, biasanya dengan daging sapi yang juga sudah dimatangkan (atau setengah matang) terlebih dahulu, hasil akhir adalah daging rendang yang enak dan gurih.

Makanan ini menjadi khas Indonesia karena penggunaan kelapa, dan penggunaan bumbu Nusantara yang amat kaya. Kelapa yang menjadi materi dasar telah mempunyai rasa dasar gurih (tidak heran dalam bumbu nasi uduk, kelapa juga dipakai). Dengan paduan olahan ini, rendang dapat memberikan rasa enak pada materi daging.

Makanan tradisional Indonesia ini amat dikenal dari daerah Minangkabau.  Rasa gurihnya dianggap sebagai pedoman rasa. Di beberapa tempat di Sumatra jenis kuliner ini juga dibuat dalam ragam bentuk yang memikat dan tentu saja nikmat.

LEAVE A REPLY

12 − one =